DURI - Kantor 125 Satlantas Polres Bengkalis di Jalan Pipa Air Bersih, Kecamatan Mandau kini tampil dengan tataan ruangan yang baru dan lebih nyaman. Hal itu diakui banyak calon pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) yang menunggu antrian.

Sherly, warga Air Jamban yang siang tadi datang mengurus SIM A saat masuk ruangan pelayanan mengaku kaget. Karena sebulan yang lalu saat mengantarkan adiknya membuat SIM C, tata ruangannya masih sangat membingungkan.

"Ah,,, beda aja pokoknya dari yang kemarin. Ruang tunggunya sekarang lebih sejuk, adem dan nyaman. Prosesnya dilakukan hanya di 1 ruangan saja. Tidak seperti dulu, selalu berpindah ruangan untuk menuju loket berikutnya. Itupun juga kadang salah-salah," kata Sherly saat diwawancarai GoRiau.com (GoNews Grup), Selasa (4/4/2017).

Hal yang sama juga disampaikan Tomy. Dengan pelayanan berada di satu ruangan ini seluruhnya, masyarakat merasa waktunya juga menjadi lebih efisien dari sebelumnya.

"Prosesnya antara 30 menit sampai 50 menit saja, SIM jadi dan kami bisa langsung pulang. Bahkan dengan tataan ruang yang seperti ini nampak siapa masuk duluan meski antriannya belum dipanggil," tutur Tomy.

Pantauan GoRiau.com, pelayanan di loket satu adalah pendaftaran, loket dua foto dan loket 3 ujian teori. Ruangan terlihat lebih lapang dan nyaman. Bahkan ruangan juga dilengkapi dengan informasi-informasi penting tentang lalu lintas sebagai tembahan pengetahuan bagi masyarakat.

Kasat Lantas Polres Bengkalis, AKP Rachmad C Yusuf saat dikonfirmasi membenarkan hal tersebut. Adanya pembenahan tata ruang, sarana dan prasarana pelayanan SIM adalah untuk membuat masyarakat merasa lebih nyaman lagi.

Seluruh ruangan sudah dicat baru, baik dinding di dalam maupun dinding luarnya. Tak hanya itu, area parkir juga ditata lebih baik lagi, termasuk lokasi tempat ujian praktek pembuatan SIM.

"Perubahan ini kita lakukan secara bergotong royong bersama seluruh anggota. Selain bisa untuk bersilaturrahmi, tujuan dari pembenahan ini sangat baik bagi masyarakat. Tujuan kita memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," paparnya. ***