SIAK SRI INDRAPURA, GORIAU.COM - Sekretaris Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Siak H. Lukman mengaku hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang dilaksanakan pada 3 November lalu akan diumumkan oleh Panitia Seleksi Nasional (Panselnas) Kementrian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), besok (24/12/2013).


"Hal ini kita lakukan, supaya tidak timbul konflik ditengah masyarakat. Kita takut, masyarakat menuding hal-hal yang tidak benar jika hasil CPNS 2013 ini diumumkan oleh Kepala Daerah," ungkap Lukman saat dikonfirmasi GoRiau.com, Senin (23/12/2013).


Ia menyadari, pengumuman hasil CPNS saat ini merupakan hal sensitif ditengah-tengah masyarakat. Sebab, formasi yang ada sangat sedikit bila dibandingkan dengan jumlah pelamar di Kabupaten Siak. "Kalau kita yang umumkan, nanti masyarakat curiga hasil tersebut sudah kita manipulasi," katanya.


"Padahal, kita tidak ikut sama sekali dalam penentuan kelulusan tersebut. Semuanya Panselnas yang memutuskan. Tentunya sesuai dengan kemampuan peserta," sambung Lukman. Lagian, lanjut Lukman, dari awal perekrutan hingga seleksi itu dilakukan oleh Panselnas.


"Oleh sebab itu, kita serahkan kepada mereka untuk mengumumkan hasilnya ini," tandas Lukman.


Penyerahan pengumuman kepada Panselnas menurut Lukman tidak hanya dilakukan oleh Pemkab Siak. Namun, lima kabupaten lainnya juga melakukan hal yang sama. "Ini keputusan kita yang lalu," katanya.


"Dalam pertemuan yang berlangsung di Jakarta, seluruh daerah sepakat Panselnas yang umumkan," lanjut Lukman. Dalam pertemuan tersebut, kata Lukman, hadir sejumlah Gubernur dan Bupati serta beberapa pejabat setingkat kepala dinas.(san)