SELATPANJANG – Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil menabur benih Ikan Kakap Putih di BBIP (Balai Benih Ikan Pantai) di Desa Gogok Darussalam, Kecamatan Tebingtinggi Barat, Senin (25/7/2022).

Turut mendampingi Kepala Dinas Perikanan Kepulauan Meranti, Eldy Syahputra, Kepala Diskes, Muhammad Fahri serta pejabat terkait lainnya.

Sebelumnya, petugas BBIP sudah menyiapkan benih ikan kakap putih yang dibungkus dengan plastik yang berisikan oksigen, rata-rata jumlah satu kantong benih tersebut sekitar 1.000 yang siap di lepaskan pada kolam atau tambak tersebut.

Dalam kesempatan itu, itu Bupati Muhammad Adil mengatakan, bahwa harus punya inovasi baru dan dengan kolam ini bisa menambah tenaga kerja.

"Kita harus bangun kolam yang lebih banyak, agar terciptanya lapangan kerja baru dah limbahnya dapat diolah kembali artinya punya target. Kemudian akan kita anggarkan pembuatan tambak untuk pemeliharaan ikan nantinya sesuai dengan anggaran yang ada," ungkapnya.

Dijelaskan Adil, pihaknya telah melakukan MoU dengan pihak Bank Riau Kepri agar masyarakat yang memiliki usaha bisa meminjam uang ke bank.

"Kalau urusan bunga pemerintah daerah yang menanggungnya, jangan khawatir, lalu kalau sudah ada modal baru dibikin kolam. Rasanya modal sekitar 15 hingga 20 juta sudah cukup dengan benihnya, tinggal cara bagaimana proses pemeliharaannya," pungkasnya.***