PEKANBARU - Puluhan sekolah ditingkat SD/MI dan SMP/MTS yang menjadi mitra Tanoto Foundation mengikuti acara unjuk karya baik program Pengembangan Inovasi untuk Kualitas Pembelajaran (Pintar), yang digelar di Gelanggang Remaja Pekanbaru, Kamis, (29/8/2019).

Tidak hanya menjadi penonton, siswa-siswi mitra Tanoto Foundation ini juga menampilkan berbagai karya dan inovasi yang membanggakan. Diantaranya inovasi filtrasi air, yang didemonstrasikan oleh siswa-siswi dari MIN 1 Pekanbaru. Interaktif tentang penjernihan air dilakukan dengan merubah dan membolak-balik media penyaringan, menggunakan pendekatan pembelajaran yaitu Mengalami, Interaksi, Komunikasi dan Refleksi.

Ada juga karya siswa-siswi MTSN 3 Pekanbaru yang mendemonstrasikan alat pendeteksi banjir. Kemudian, karya siswa-siswi SMP N3 yang berinovasi membuat Virgin Coconut Oil (VCO) yang bermanfaat bagi kesehatan dan kecantikan.

Karya itu ditampilkan dihadapan Walikota Pekanbaru Firdaus, Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation, Stuart Weston, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Pekanbaru Edward S Umar, Kadisdik Pekanbaru Abdul Jamal, dan Koordinator Tanoto Foundation Provinsi Riau Dendi Satria Buana, dan jajaran Pemerintahan Kota lainnya.

"Apresiasi saya berikan kepada Program Pintar dan semua pihak yang telah bekerjasama dengan program ini, sehingga mampu memberikan banyak manfaat. Kita juga tadi sangat bangga dengan anak-anak yang tadi juga menampilkan kreatifitasnya," ujar Walikota Pekanbaru Firdaus.

Ia juga berpesan agar hal-hal baik yang telah dihasilkan harus ditindaklanjuti dalam bentuk literasi. Hal ini dapat memperkuat dan menghasilkan karya-karya ilmiah yang bisa dipertanggungjawabkan.

Selain itu, Direktur Program Pendidikan Dasar Tanoto Foundation Stuart Weston juga memberikan apresiasi kepada semua pihak.

"Kegiatan ini luar biasa, bantuan Tanoto Foundation melalui program Pintarnya sangat mendukung perkembangan pendidikan kita. Karena guru-guru, kepala madrasah, dan komite-komite dibekali pengetahuan, juga sekarang kesadaran dan pertisipask orang tua dan semua pihak terhadap pendidikan anak-anak semakin meningkat,"jelasnya.

Sementara itu, Direktur program pendidikan Tanoto Foundation Stuart Weston menjelaskan kesannya akan karya-karya siswa-siswi dari sekolah mitra yang tadi ditampilkan dalam acara tersebut. Menurutnya, meskipun program Pintar baru berjalan setahun di Pekanbaru, namun telah memberikan dampak yang sangat baik untuk perkembangan pendidikan.

"Baru setahun ya, dan kemajuannya sudah luar biasa, saya mengucapkan selamat kepada pemerintah dan sekolah atas pencapaiannya. Kita sangat terkesan anak-anak yang tampil tadi sangat berani dan cerdas-cerdas," paparnya.***