SIAK KECIL-Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas melalui PT. Satria Perkasa Agung (SPA), salah satu pemasok sumber bahan baku Hutan Tanam Industri (HTI) ke Pabrik Kertas PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk di Perawang, bersama TNI/Polri dan BPBD serta MPA (Masyarakat Peduli Api) perusahaan membantu memadamkan kebakaran hutan dan lahan di Siak Kecil yang sudah berlangsung sejak Kamis (3/02/2022).

Perusahaan menurunkan tim darat Regu Pemadam Kebakaran (RPK) dan Tim Reaksi Cepat (TRC) serta helikopter patroli pada lahan karhutla yang berjarak sekitar 3,8 Km dari batas luar konsesi PT SPA di Bandar Jaya/Lubuk Gaung, Kecamatan Siak Kecil, Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

Menurut Fire Operasional Management (FOM) Head PT Arara Abadi- APP Sinar Mas Regional Riau, Priyo didampingi Public Relation PT AA-APP Sinar Mas Nurul Huda, karhutla terdeteksi oleh tim patroli darat melalui pantauan menara api sekitar pukul 11.00, Kamis (3/2/2022),

Karhutla terjadi pada koordinat N.1,144202 E 101.957629 yang berjarak sekitar 3,8 Km dari batas luar konsesi dari salah satu grup perusahaan, yakni PT SPA Distrik Duri 3-APP Sinar Mas.

Tim darat yang memantau melalui menara api tersebut segera melaporkan kepada pimpinan dan FOM berkordinasi dengan pihak-pihak terkait (pemerintah,TNI/Polri) untuk melakukan langkah-langkah antisipasi dan penanganan.

Kemudian pada Jumat (4/2/2022), FOM melaui PT SPA menurunkan 1 regu Tim RPK bersama 7 orang MPA yang dibina PT SPA lengkap dengan peralatan pompa serta 2 unit alat berat untuk melakukan pembuatan sekat api agar tidak meluas. serta TNI/Polri serta masyarakat disekitarnya, kita juga menurunkan 1 Helicopter Patrol Bell 412 APP Sinar Mas untuk melihat posisi dan kondisi kepala api melalui udara.

"Alhamdulillah berkat kerjasama seluruh tim PT SPA-APP Sinar Mas, TNI/Polri, BPBD/MPA api kemarin sudah tersekatan dan padam," ujar Priyo.

Hari ini tim perusahaan masih turun ikut membantu untuk melakukan pendinginan lokasi karhutla mengingat kawasan tersebut merupakan kawasan gambut yang jika tidak dibasahi, api kemungkinan akan muncul lagi.

Nurul Huda menambahkan, peran serta PT SPA-APP Sinar Mas dalam memadamkan api diluar konsesi APP Sinar Mas dan Mitra di Bandar Jaya Kabupaten Bengkalis adalah merupakan bentuk komitmen dari perusahaan APP Sinar Mas dan mitranya kepada Pemerintah Provinsi Riau/BPBD Riau untuk berperan serta membantu memadamkan karhutla diluar batas konsesi sampai sejauh 5 km dari batas luar konsesi Perusahaan APP-Sinar Mas maupun seluruh mitranya.

"Kekuatan bantuan yang kita lakukanmelalui tim pemadaman darat maupun tim pemadaman udara (heli patroli dan heli water bombing) setelah kita menganalisis tingkat kebutuhan dan kesulitan tim dilapangan, juga besar kecilnya karhutla terjadi agar efektif dan efisien,” ujar Nurul Huda.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Riau, M. Edy Afrizal mengapresiasi bantuan dari perusahaan Group APP Sinar Mas atas langkah cepat ikut serta membantu pemadaman bersama tim kita dari BPBD Riau maupun kabupaten Bengkalis juga bersama rekan-rekan TNI/Polri serta masyarakat.

"Kita mengimbau agar masyarakat dan pemilik lahan harus berhati-hati dengan Karhutla, hati-hati dengan puntung rokok maupun jangan melakukan pembakaran untuk membersihkan lahan. Karena di beberapa daerah saat ini sudah masuk musim kemarau, jadi agar berhati-hati. Kita ingin Provinsi Riau terbebas dari kabut asap,” tutup Edy Afrizal.

Dari informasi lapangan, hari ini tim BPBD Riau, TNI/Polri, Tim RPK dan MPA Binaan PT SPA-APP Sinar Mas, serta masyarakat masih melakukan pendinginan dan penyisiran asap-asap kecil di lokasi karhutla, untuk mencegah api agar tidak timbul kembali.***