PEKANBARU - Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (PORDASI) Kota Pekanbaru bersama Horse Power Tambusai menggelar Show Jumping Kuda di Lapangan Kuda, Persimpangan Mal SKA Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, Minggu (16/8/2020). Agenda ini digelar untuk menyambut HUT Ke-75 Kemerdekaan RI sekaligus melatih kemampuan para atlet untuk mengikuti jenjang perlombaan yang lebih tinggi.

Show Jumping Kuda Kota Pekanbaru ini juga menjadi tontonan yang menarik bagi pecinta olahraga berkuda di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

"Menyambut HUT RI pada 17 Agustus besok, kita menyelenggarakan acara ini karena ingin turut menyemarakkan suasana. Kuda juga merupakan hewan yang jarang terlihat di Kota Pekanbaru sehingga, disamping kita melatih potensi atlet, kita juga akan memanjakan mata penonton," ujar Ketua Pordasi Kota Pekanbaru Aldo, Minggu (16/8/2020).

Ia menjelaskan, ada empat kelas yang dipertandingkan dalam Show Jumping ini. Diantaranya kelas pemula dengan tinggi rintangan 30-50 CM, kelas pemula menuju naik kelas dengan tinggi rintangan 50-70 CM, kelas menjelang profesional dengan tinggi rintangan 70-90 CM, dan kelas profesional dengan tinggi rintangan 100 CM.

"Kelas profesional itu tinggi rintangannya setara dengan rintangan di Pekan Olahraga Nasional (PON) dan Sea Games. Sedangkan kelas pemula untuk atlet yang baru atau kudanya masih baru dilatih," jelasnya.

Ia memaparkan, peserta berkuda dalam Show Jumping ini sudah mencapai 75 atlet. Dimana masing-masing kelas ada 20 atlet dan satu kelas dengan 15 atlet yang ikut serta.

"Karena sifat perlombaan ini adalah untuk memeriahkan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI dan menggali potensi atlet. Kita tidak mengutamakan hadiah juara, hadiah utama kita ada piala," pungkasnya.***