MOTEGI – Marc Marquez mengakhiri puasa pole position-nya di MotoGP Jepang 2022. Marquez sudah tiga tahun menanti untuk kembali start terdepan.

Dalam sesi kualifikasi MotoGP Jepang di Sirkuit Motegi, Sabtu (24/9/2022) malam WIB, Marquez mencatatkan waktu terbaik 1 menit 55,214 detik. Rider Repsol Honda itu unggul 0,208 detik atas Johann Zarco yang ada di urutan kedua.

Ini jadi pole pertama Marquez sejak MotoGP Jepang 2019 sekaligus yang ke-91 untuknya. Rider asal Spanyol itu harus menunggu 1.071 hari untuk start terdepan lagi di balapan MotoGP.

"Saya sangat senang ada di pole position. Pada pagi hari saya merasa sangat kuat di situasi basah dan saya bilang 'kalau basah di siang hari, saya akan coba'," ujar Marquez usai kualifikasi.

"Ini memang cuma pole position, tapi melihat dari mana situasi kami, ini sangat penting. Ini sangat penting buat saya, untuk semua staf Jepang, penting untuk masa depan kami dengan meraih target-target kecil ini."

"Besok di kondisi kering, balapan akan berbeda, tapi hari ini kami akan merayakannya," kata Marquez yang masih pemulihan usai operasi keempat di lengan kanannya itu.

Marc Marquez melewatkan enam balapan MotoGP 2022 karena harus menjalani operasi pada lengan kanannya. Dia comeback di MotoGP Aragon minggu lalu tapi gagal finis.***