ASAHAN - Sepasang aparatur sipil negara (ASN/PNS) yang ditemukan pingsan dalam kondisi tanpa busana alias bugil dalam mobil Toyota Innova di Kabupaten Asahan, ternyata pejabat di Dinas Pendidikan Asahan.

Dikutip dari Merdeka.com, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Asahan Sofyan membenarkan kedua PNS yang ditemukan pingsan dalam kondisi bugil dalam mobil tersebut merupakan pejabat di jajaran Disdik Asahan.

Sofyan menegaskan, kedua PNS berinisial Zul (37) dan Ha (39) itu sudah dicopot dari jabatannya.

''Iya benar, yang pasti mereka bukan suami istri, kondisinya kita sudah tahu sendiri,'' kata Sofyan, Jumat (5/6).

Sofyan memaparkan, Zul dan Ha bertugas di kecamatan berbeda di Asahan. Zul menjabat Korwil Dinas Pendidikan Kecamatan Rawan Panca Arga, sedangkan Ha merupakan Bendahara Dinas Pendidikan di Kecamatan Meranti.

Sofyan menambahkan, keduanya langsung dicopot karena dinilai sudah mencoreng nama baik institusi. ''Jabatan keduanya kita copot, baik yang koordinator kecamatan maupun yang bendahara pembantu,'' sebutnya.

Pihak Dinas Pendidikan Asahan juga telah melaporkan peristiwa memalukan itu kepada Bupati Asahan dan Inspektorat. ''Ada mekanisme ASN yang digunakan. Mereka akan diperiksa bila sudah sehat,'' jelas Sofyan.

Sebelumnya diberitakan, sepasang PNS ditemukan warga pingsan dalam mobil Toyota Kijang Innova di pinggir jalan di Jalan Pabrik Benang, Kelurahan Sei Renggas, Kecamatan Kisaran Barat, Kabupaten Asahan, Kamis (4/6) malam sekitar pukul 23.00 WIB, Jumat (5/6).

Zul ditemukan pingsan dalam kondisi duduk dan masih mengenakan pakaian. Sementara Ha dalam keadaan terbaring tidak mengenakan celana atau rok. Dari mulut keduanya keluar buih.***