JAKARTA - Cabang olahraga (cabor) sepakbola  terancam tidak termasuk dalam 10 cabor yang akan dipertandingkan di ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XV/2019 i Jakarta, November 2019 nanti. 

Hal itu terkuak saat  Sesmenpora Gatot Dewabroto menjadi nara sumber pada acara Forum Diskusi PWI Jaya yang digelar oleh SIWO PWI Jaya bekerja sama dengan KONI DKI Jakarta di Hotel Grand Cempaka Jakarta, Rabiu (11/9/2019).

Dalam acara diskusi yang mengangkat tema Menakar Kesiapan DKI Jakarta sebagai tuan rumah POPNAS XV/2019, Sesmenpora menyebutkan 10 Cabor yang akan dimainkan adalah sembilan cabor sudah tetap yakni Atletik, Renang, Bulu tangkis, Basket, Voli, Silat, Sepak Takraw, Tenis Lapangan, Tenis Meja. Satu cabang lagi belum diputuskan antara Sepakbola, Taekwondo dan Dayung.

"Jika ditanya Sepakbola kenapa, karena sebelum POPNAS ada turnamen sepakbola antar PPLP. Dimana peserta sama dengan POPNAS 2019. Sehingga jika sepakbola tidak ada maka penggantinya antara Dayung atau Taekwondo. Namun, itu semua tergantung arahan dari Menpora." ujar Gatot.

Sesmenpora juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah DKI Jakarta yang sudah bersedia menjadi tuan rumah POPNAS. "Seharusnya POPNAS 2019 digelar di Papua. Namun,0 Papua kemudian lempar handuk putih, mereka kesulitan keuangan dan hanya fokus persiapan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020 saja."

"Terima kasih untuk Pemprov DKI Jakarta yang bergerak cepat dan bersedia menyelamatkan POPNAS 2019. Dalam POPNAS nanti anggaran memang dari Kemenpora untuk menggelar 10 Cabor biayanya sekitar 36,8 milyar rupiah. DKI Jakarta membantu penyediaan venue pertandingan yang tidak dikenakan biaya untuk digunakan pada POPNAS 2019." lanjutnya.

Pemerintah merasa perlu menggelar POPNAS 2019, karena selain daerah sudah melakukan persiapan. Ajang ini pembinaan untuk atlet muda. "Ini ajang pembinaan, di kelompok usia ini Kita mampu bersaing di level internasional. Terbukti di Asean Schools Games kemarin di Semarang kita juara umum."

Sekretaris Dispora DKI Jakarta, Asep Saepudin yang juga menjadi pembicara dalam diskusi tersebut mengatakan, "Kita dukung pemerintah pusat, demi pembinaan atlet muda Indonesia. Apalagi Gubernur kita sudah menyatakan dukungan. Kita bantu tidak hanya tempat atau venue pertandingan saja, namun termasuk isinya. Apa yang jadi keputusan pusat dan Gubernur DKI kita ikut dukung."

Sekum KONI DKI, Djamran mendukung gelaran POPNAS 2019 di Jakarta. "Ini agenda nasional yang sudah rutin, dan kita mampu bersaing di tingkat internasional untuk kategori ini. Apalagi, daerah sudah melakukan persiapan cukup panjang, kalau batal mereka akan kecewa," tandasnya. ***