JAKARTA - Band metal yang digawangi trio remaja hijabers asal Kabupaten Garut, Voice of Baceprot (VoB) terus berkarya. Awal bulan Mei 2018, mereka merilis single perdananya berjudul 'School Revolution'.

"Iya single, judulnya 'School Revouliton'," ungkap manajer VoB Bah Ezra seperti dilansir GoNews.co dari Detik.com, Minggu (26/5/2019).

Ide lagu ini sudah ada sejak dua tahun lalu. Lagu ini diciptakan ketiga personel, yaitu Firda Kurnia sang vokalis, Widi Rahmawati bassist serta penabuh drum Euis Siti.

Lagu 'School Revolution' berkisah tentang kegelisahan pelajar di sekolah yang merasa terbatasi dan terkekang oleh peraturan sekolah untuk bisa berkarya.

"Menceritakan tentang kegelisahan pelajar soal sekolah yang malah sering membatasi atau mengekang kemerdekaan berkarya dan berkreativitas," katanya.

Ezra mengatakan, dalam proses pembuatan lagu, menciptakan lirik merupakan hal yang paling lama. Lagu ini juga mengambil referensi dari buku Revolusi Sekolah karangan Fadh Gibran, seorang penulis asal Garut.

"Dalam video klip, terdapat banyak patung manusia yang diikat, mulutnya dilakban, matanya ditutup itu sebagai simbolisasi pemasungan kemerdekaan berpikir dan berpendapat," katanya.

"Budaya kritis dikikis dibenturkan dengan norma, budaya dan dogma," ujar Ezra menambahkan.

Lagu tersebut mulai diperdengarkan ke publik sejak 1 Mei 2018. Di YouTube, sejak diunggah dua hari lalu, video klip lagu itu telah ditonton lebih dari 2,8 ribu kali.***