SELATPANJANG - Sejumlah organisasi kepemudaan di Kepulauan Meranti, Riau menggelar gerakan bagi-bagi masker kepada pengendara yang lewat, Rabu (11/9/2019) sore.

Adapun organisasi kepemudaan itu diantaranya Satuan Siswa Pelajar dan Mahasiswa Pemuda Pancasila (Sapma PP), DPK KNPI Tebing Tinggi, Kanau Sandra, 234 SC dan Remesta.

Sebanyak 2.500 masker dibagikan kepada pengendara yang melintasi sejumlah jalan poros Selatpanjang.

"Kita melakukan pembagian masker di jalan Banglas, Diponegoro, Imam Bonjol dan jalan Alahair. Gerakan ini bermaksud upaya menghindari dari penyakit Ispa dan gangguan pada pernapasan berkenaan dengan menebalnya kabut asap di wilayah kita," ujar Ketua Sapma PP Kepulauan Meranti Boby Iskandar.

Pria yang biasa akrab disapa Way Meranti itu juga berharap kepada pemerintah daerah agar persoalan menyangkut kesehatan orang banyak ini bisa segera teratasi.

"Kami berharap kepada pemerintah daerah juga ada upaya lain demi kesehatan masyarakat Kabupaten Kepulauan Meranti, dan kami juga mengapresiasi kepada tim pemadam kebakaran yang lagi berupaya memadamkan api diwilayah yang terpantau olehnya, semoga kawan-kawan dalam keadaan sehat dan selamat kembali pulang dan berkumpul dengan keluarga," ungkap Way.

Hal senada juga disampaikan ketua PK KNPI Tebing Tinggi Ardimassutama, Ia berharap dengan upaya yang dilakukan oleh gabungan organisasi kepemudaan tersebut setidaknya bisa terbantu.

"Mudah-mudahan upaya ini setidaknya meringankan masyarakat Kepulauan Meranti terhindar dari menghirup asap yang bisa mengakibatkan gangguan pada pernapasan," ucapnya.

Sementara itu, Wakil Sekjen Sapma PP Firdaus, selaku Koordinator Lapangan (Korlap) mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah, Bank Riau Kepri dan seluruh elemen masyarakat muapun OKP yang telah bekerjasama demi terselenggaranya kegiatan tersebut.

"Kita berharap, semoga titik api diwilayah Riau khususnya di Kabupaten Kepulauan Meranti segera padam dan kabut asap segera hilang," pungkasnya.***