PEKANBARU - Satu warga Pekanbaru, Riau dinyatakan positif pandemik virus Corona atau Covid-19. Saat ini pemerintah sudah melakukan berbagai upaya memutus rantai penyebaran corona dengan meliburkan aktifitas proses belajar-mengajar.

Menyikapi pandemik yang berbahaya dan sudah memakan korban jiwa, Ketua Lembaga Adat Melayu (LAM) Pekanbaru, Datuk Yose Saputra kepada GoRiau.com mengharapkan, warga Pekanbaru mengikuti instruksi yang diberikan pemerintah.

"Pemko Pekanbaru harus siap memberikan jaminan pelayanan kesehatan selama 24 jam di rumah sakit dan Puskesmas. Kita harus dukung program antisipasi penyebaran corona oleh pemerintah," kata Datuk Yose, Kamis (19/3/2020).

Datuk Yose mengingatkan, agar warga Pekanbaru tidak berada di keramaian atau berkumpul dalam suatu tempat yang terbuka dan tertutup. Hindari beli makanan dan minuman hasil produksi negara luar.

"Kita ingatkan, agar orangtua mengawasi gerak-gerik anaknya untuk mematuhi instruksi pemerintah tidak keluar rumah. Begitu juga pejabat dan asn Pemko Pekanbaru, serta anggota DPRD Pekanbaru untuk tidak melakukan perjalanan dinas ke luar Riau," ungkap Datuk Yose.

Datuk Yose berharap pandemik Corona ini bisa segera selesai. Karena sudah mempengaruhi perekonomian warga di Pekanbaru. Juga sudah ada instruksi Mendagri dan Menteri Keuangan, untuk merubah APBD agar bisa dimasukan anggaran bencana nasional non alam.

"Kita ajak semua warga Pekanbaru untuk saling mengingatkan menjaga kesehatan terhadap keluarga, saudara, teman dan kerabat. Kita juga sama-sama berdoa, meminta kepada Tuhan agar bencana ini segera pulih," jelas Datuk Yose. ***