JAKARTA - Resmi sudah palang pintu Persija Jakarta, Ryuji Utomo hengkang ke salah satu klub Liga Super Malaysia, Penang FA. Ryuji akan berada di Penang FA selama semusim, hingga Desember 2021 mendatang dengan status pinjaman.

Menurut Ryuji yang dikutip pssi.org, kepindahannya ke klub yang baru promosi sekaligus pemenang Liga Premier Malaysia musim ini lantaran dirinya ingin belajar banyak di negeri orang. Tak hanya itu pemain asal Jakarta ini mengincar ilmu dan pengalaman di Malaysia. Itu selain jam bermain secara reguler.

“Sebagai seorang pemain asing di negara orang bisa belajar banyak. Bisa mengembangkan skill dan mental. Apalagi untuk jadi seorang atlet waktunya tidak banyak. Sekali lagi saya ingin meningkatkan ilmu, pengalaman, dan bermain sebanyak mungkin," ujar Ryuji.

Sebelumnya manajemen Persija membuka peluang untuk para pemain pilarnya berkancah di luar negeri. Maka dari itu saat ada klub yang menginginkan jasa Ryuji, klub berjuluk Macan Kemayoran langsung menyetujuinya. 

Manajemen Macan Kemayoran berharap, dipinjamkannya Ryuji ke klub Malaysia itu dapat memberikan dampak positif bagi karir Ryuji, dan juga Timnas Indonesia.  

“Proses kepindahan Ryuji ke Penang FA sudah rampung. Penang tertarik dengan jasa Ryuji karena memiliki kualitas yang sangat baik, serta mempunyai kepribadian yang bagus. Kami yakin sepulangnya dari Penang, Ryuji akan semakin matang dan menjadi tembok kokoh bagi lini belakang Persija," tutur Mohamad Prapanca, Presiden Persija. ***