SELATPANJANG - Remaja Masjid Agung Darul Ulum menggelar Sunat Masal dan Pemberian Santunan Kepada Kaum Dhuafa, kegiatan dalam rangka membantu masyarakat kurang mampu itu di Pusatkan di Halaman Masjid Agung Darul Ulum, Jalan Siak, Selatpanjang, Sabtu (13/4/2019) pagi.

Tampak hadir Bupati Kepulauan Meranti Drs H Irwan MSi, Sekretaris Daerah H. Yulian Norwis SE MM, Ketua PKK Hj. Nirwana Sari Irwan, Ketua MUI H. Mustafa S.Ag, Kepala Bank Riau Kepri Indra Gunawan, Ketua IDI dr. Joko, dr. Misri, Ketua PMI Meranti, Ketua Panitia Tito Hartoto, Tokoh Masyarakat/Agama/Pemuda, Para Kaum Dhuafa dan Ratusan anak peserta Sunat Masal.

Kegiatan Sunat Masal dan Santunan Kepada kaum Dhuafa yang digelar kali ini diselenggarakan oleh Remaja Masjid Agung Darul Ulum Selatpanjang bekerjasama dengan Pemkab Meranti, Bank Riau-Kepri dan Ikatakan Dokter Indonesia (IDI) Kepulauan Meranti dan PMI Meranti.

Dikesempatan tersebut, Bupati Irwan yang didampingi Sekda Meranti dan rombongan berkesempatan memberikan Santunan secara simbolis serta melihat prosesi Sunat Masal diruang khususnya yang telah disediakan.

Ads
Mengawali sambutannya, Ketua Panitia penyelenggara Tito Hartoto mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terselenggaranya kegiatan ini seraya mendoakan bantuan yang diberikan menjadi ladang amal di akhirat nanti.

Selanjutnya tujuan kegiatan ini dikatakan Tito sebagai bentuk kongkrit aksi sosial daei Remaja Masjid Darul Ulum dalam membantu masyarakat kurang mampu.

Menyikapi kegiatan itu, Bupati Kepulauan Meranti Drs. H. Irwan M.Si, dalam pidatonya mengungkapkan apresiasi kepada seluruh pihak atas terselenggaranya kegiatan itu terutama Remaja Masjid Darul Ulum, pelaksanaan kegiatan ini sangat tepat karena sebentar lagi umat islam akan memasuki Bulan Ramadhan untuk itu perlu banyak-banyak menyantuni warga kurang mampu. 

"Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi penerima, dan saya harap kegiatan serupa jangan hanya sekali ini saja tapi dapat terus dilaksanakan karena masyarakat yang membutuhkan masih banyak," ujar Bupati Irwan.

Ia pun mengajak sesama umat muslim khususnya yang berkemampuan untuk salung berbagi dengan masyarakat kurang beruntung sebagai sebuah kewajiban membantu sesama.

"Bagi anak anak yang Sunat ini menandakan kalian sudah mulai beranjak dewasa semoga bermnafaat bagi kesehatan," pungkas Irwan.

Dalam sambutan Perwakilan IDI Meranti dr. Joko, mengungkapkan sangat mendukung dan mengapresiasi penyelengaraan kegiatan itu yang sejalan dengan salah satu fungsi IDI dalam membantu menyehatkan masyarakat.

Hal senada juga disampaikan oleh Bank Riau-Kepri yang disampaikan oleh Kepala Bank Riau Kepri Selatpanjang Indra Gunawan, dikatakannya bantuan yang diberikan program CSR merupakan bentuk kepedulian sosial bagi masyarakat Meranti yang melalui kegiatan Sunat Masal dan Bantuan Sembako bai kaum Dhuafa bekerjasama dengan Remaja Masjid Darul Ulum.

"Terima kasih kepada Pemkab Meranti sebagai mitra yang telah mendukung Bank Riau Kepri hingga saat ini, juga mengapresiasi remaja masjid Darul Ulum semiga bermafaat bagi kesejahteraan masyarakat Kepulauan Meranti," ujarnya.

Seperi dijelaskan Ketua Panitia penyelenggara Tito Hartoto jumlah anak peserta Sunat Masal gratis berjumlah 100 orang yang berasal dari berbagai Kecamatan Se-Kabupaten Meranti. Sementara Santunan untuk kaum Dhuafa berupa Paket Sembako diberikan untuk 100 orang kaum Dhuafa.

Selain menggelar Sunat Masal dan Santunan untuk kaum Dhuafa dalam kegiatan itu juga digelar Donor Darah oleh Palang Merah Indonesia (PMI) Kep. Meranti dan pemeriksaan Golongan Darah gratis oleh IDI Meranti. (rls)