PEKANBARU - Tabligh akbar yang merupakan acara puncak Milad Muhammadiyah ke-106 telah digelar di Masjid Al-Fida, Jalan KH Ahmad Dahlan, Pekanbaru, Minggu (11/11/2018) pagi. Ratusan jamaah terlihat memenuhi tabligh akbar yang diisi oleh Prof Madya Dato' Dr Mohd Asri Zainul Abidin selaku penceramah dari Mufti Negeri Perlis Malaysia ini.

Dari pantauan GoRiau.com di lokasi, ratusan jamaah yang berasal dari seluruh penjuru Kota Pekanbaru tampak memenuhi masjid sejak pagi. Sementara itu, tausiyah dari Dato' Mohd Asri Zainul Abidin sendiri dimulai pukul 10.00 WIB. 

Dalam tausiyahnya, Prof Madya Dato' Dr Mohd Asri Zainul Abidin membahas mengenai tantangan dan permasalahan umat Islam dewasa ini. Ia mengatakan, di akhir zaman sekarang, begitu banyak orang-orang munafik yang menyebarkan informasi palsu sehingga mampu memecah persatuan Muslim.

"Munafik ini tidak muncul ketika Islam lemah, tapi ia ada ketika Islam kuat. Munafik kemudian hadir untuk merusak kebersamaan dan keharmonisan umat Islam," ujarnya dengan Bahasa Melayu yang khas.

Ia juga menambahkan, agar umat Islam harus menghindari perilaku munafik yang berarti mengaku beriman, tetapi mengingkari dalam hati. 

"Umat Islam dituntut untuk mengelakkan perilaku munafik karena hal ini sangat berbahaya. Yang kita hadapi ini bukan dengan orang-orang kafir saja, tetapi juga dengan orang Islam yang munafik tadi," tambahnya lagi.

Untuk diketahui, semarak Milad Muhammadiyah adalah edaran dari PP Muhammadiyah agar menyiarkan Milad se-Indonesia. Tema Milad Muhammadiyah secara Nasional yakni Ta'awwun untuk Negeri, yang berarti Muhammadiyah akan terus bersama sama berbuat untuk bangsa, seperti yang sudah dilakukan selama ini. ***