PEKANBARU - Dalam rangka untuk mendorong minat mahasiswa untu bidang riset data teknologi, Puzzle Research Data Technology (Predatech) Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIn Suska) Riau sukses menggelar Big Event Predatech Tahun 2022.

Big Event Predatech merupakan konsep acara yang menggabungkan beberapa acara yang biasa dilaksanakan pada satu tahun terakhir, seperti Gala Festival Alumni (GFA), Predatech Award, Dies Natalis Predatech ke-7, Predatech Creation and Inspiration (Precision) dan Predatech Dissemination Incobator Industrial Integrated (Printed).

Adapun tema kegiatan ini adalah Widya Bhayangkara Graha Marta Aryasatya yang berarti Ilmu Pengetahuan adalah Penjaga Rumah Kemuliaan dan Kehidupan.

Ketua Predatech FST UIN Suska Riau, Mustakim dalam sambutannya menyampaikan bahwa Acara Big Event Predatech ini adalah acara puncak tahunan yang mengkombinasikan beberapa kegiatan, baik dari mahasiswa maupun alumni, serta pemberian penghargaan kepada anggota dan alumni yang telah berkontribusi langsung untuk kemajuan Predatech maupun UIN Suska Riau.

Mustakin menjelaskan, dalam waktu 5 tahun Predatech FST UIN Suska mempunyai jurnal terakreditasi Sinta 3, paper terindex Scopus sebanyak 28 artikel, 23 Anggota terdaftar dan memiliki scopus ID, jumlah publikasi dijurnal Sinta 3,4,5 sebanyak 36 artikel dan jumlah keseluruhanpublikasi Predatech 146 paper tercatat pada Oktober 2022.

“Disamping itu pada 2022 Predatech telah menggelar 32 kegiatan akademik dan non-akademik dalam bentuk workshop, webinar, maupun collaboration dengan lembaga lain,” katanya, Rabu (23/11/2022).

Selanjutnya, Dekan FST UIn Suska Riau Hartono, menyampaikan apresiasi atas terselengaranya kegiatan ini. Menurutnya, pentingnya soft skill bagi dunia kerja mendorong dalam mewujudkan prospek kerja yang baik.

Hartono mengungkapkan, kemampuan dalam bidang publikasi penelitian yang sudah dilakukan oleh Predatech sangat baik untuk mengembangkan skill dengan menulis karya ilmiah untuk mencatatkan karyanya untuk dimanfaatkan orang banyak secara luas.

“Kontribusi Predatech sangat nyata untuk perkembangan ilmu pengetahuan, menambah daya gedor akreditasi lembaga serta menjadikan warna tersendiri dalam kehidupan akademik di UIN Suska Riau,” tutupnya.

Dalam rangkaian Big Event Predatech 2022 ini mempersembahkan gelaran Predatech Award ini menjadi motivasi bagi mahasiswa untuk selalu berkarya. 42 nominasi diberikan kepada 42 mahasiswa dan alumni yang di SK kan langsung oleh Dekan FST UIN Suska Riau.

Pemuncak Awards pada Big Event Predatech 2022 diraih oleh Rimelda Adha sebagai penyandang piala utama. ***