PEKANBARU - Aparat kepolisian berhasil menangkap empat anggota geng motor di Pekanbaru yang terlibat pemukulan pengendara motor dan menyerang mobil yang melintas. Keempat pelaku masih anak di bawah umur.

Kabid Humas Polda Riau Kombes Sunarto mengatakan keempat pelaku berinisial HER (16), PAR (16), RIP (15), dan DES (17).

“Mereka ini semua masih pelajar. Ada yang SMP kelas delapan dan sembilan. Kemudian ada anak SMA kelas 10,” kata Sunarto didampingi Dirkrimum Polda Riau Kombes Asep Darmawan Senin (16/1/2023).

Sunarto menjelaskan bahwa empat pelaku yang ditangkap adalah kelompok geng motor yang menyerang warga di Jalan Labersa dan Jalan Parit Indah, Kota Pekanbaru, beberapa waktu lalu.

“Seorang pengendara motor jadi korban bernama Suroso diserang di Jalan Parit Indah. Kemudian dua mobil dirusak oleh para pelaku di Jalan Parit Indah,” jelas Sunarto.

Penyerangan yang dilakukan oleh para pelaku cukup sadis dan membabi buta. Mereka memukul pengendara motor pakai kayu secara tiba-tiba, dan merusak mobil yang melintas di jalan. “Mereka secara tiba-tiba menghampiri korban dan menghantamnya pakai benda tumpul. Masih ada rekan mereka yang saat ini jadi DPO kami,” ucapnya.

Para geng motor itu terlebih dahulu minum-minuman keras di suatu tempat, lalu berkeliling untuk mencari korban. “Anak-anak ini berani melakukan hal itu krena sudah mengkonsumsi minuman keras,” beber Sunarto.

Akibat perbuatan itu, para pelaku disangkakan dengan Pasal 170 KUHP tentang pengeroyokan. Ancaman penjara maksimal penjara selama sembilan tahun. (kl3)