PEKANBARU - PT Perkebunan Nusantara V sebagai bagian dari Holding Perkebunan Nusantara (PTPN III (Persero)) senantiasa berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan petani kelapa sawit melalui program BUMN Sawit Rakyat.

Diantaranya dengan peningkatan produktifitas tanaman melalui program peremajaan sawit rakyat bagi petani plasma dan mitra perusahaan. 

Kamis, (10/10/2019), usai melakukan panen perdana di Perkebunan Tanah Putih, Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara V,  Jatmiko K Santosa mengunjungi kelompok tani KUD Karya Sawitri yang berlokasi di Kepenghuluan Kencana (Paket D), Kecamatan Balai Jaya, Kabupaten Rokan Hilir.

Kunjungan tersebut merupakan bukti keseriusan dan komitmen dalam menjalankan program BUMN Sawit Rakyat yang diinisasi oleh anak Perusahaan perkebunan negara di Provinsi Riau itu sejak April 2019.

"Kehadiran kami adalah untuk bersilaturahmi dengan kelompok tani Karya Sawitri sebagai mitra PTPN V," ucap Jatmiko.

“Kami juga menyampaikan komitmen Perusahaan terhadap kelompok tani sawit  Karya Sawitri dalam rencana pelaksanaan peremajaan sebagai bagian dari BUMN Sawit Rakyat yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang, serta untuk melihat secara langsung sejauh mana persiapan kelompok tani dalam pelaksanaan program nanti," ungkapnya lagi.

Di tahun 2020, di Kabupaten Rokan Hilir sedikitnya terdapat 6 KUD atau Kelompok Tani yang telah menjadi mitra Perusahaan dalam program BUMN Sawit Rakyat dengan kegiatan peremajaan kelapa sawit, dengan luas total mencapai 914 Ha.

Sebagai mitra teknis PTPN V mempersiapkan segala sesuatu selaras dengan standar mutu pengelolaan budidaya kelapa sawit terbaik mulai dari persiapan land clearing, penyediaan sumber bibit unggul dari PPKS, hingga pemeliharaan Tanaman Belum Menghasilkan dan pekerjaan lanjutan lainnya yang diselenggarakan bersama-sama dengan petani melalui pola single management.

Dalam kunjungan tersebut, Jatmiko didampingi oleh Direktur Operasional Balaman Tarigan, jajaran Kepala Bagian dan pimpinan Distrik Tanah Putih.

Sementara itu, Ketua KUD Karya Sawitri Kepenghuluan Kencana (Paket D) H. Paidi mengungkapkan rasa terimakasihnya atas kunjungan Dirut PTPN V di KUD Karya Sawitri dalam memberikan semangat dan meyakinkan kelompok tani dalam pelaksanaan BUMN Untuk Sawit Rakyat yang merupakan bagian dari program pemerintah.

"Dengan kehadiran Dirut PTPN V dan rombongan, kami dan kelompok tani semakin yakin pelaksanaan peremajaan dapat segera terealisasi," katanya.

"Mudah- mudahan dengan turunnya langsung Dirut ini, warga dan kelompok tani dapat kembali untuk ikut serta sebagai peserta," tambah Paidi.

Disebutkan olehnya, saat ini peserta yang sudah memenuhi syarat mengikuti Program PSR yang akan dilaksanakan oleh PTPN V  sebanyak 47 KK dengan luas lahan sebanyak 126,437 hektar.

"Sesuai informasi tadi, Replanting akan dilaksanakan secepatnya pada bulan 8 tahun 2020 mendatang," tutup Paidi. (rls)