PEKANBARU – Program Magang Kerja PT Pertamina Hulu Rokan (PHR) tahun 2023 disambut antusias yang tinggi oleh Putra-Putri Riau. Tercatat, hingga program tersebut ditutup 4 Januari 2023 ada sebanyak 41.000 yang telah mendaftar.

Dalam hal ini, sebanyak 5000 orang telah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Maka selanjutnya, Putra-Putri terbaik Riau tersebut akan mengikuti rangkaian tes potensi akademik, wawancara hingga tes kesehatan.

VP Human Capital PHR, Fahmi Hatta menyampaikan, bahwa program magang tersebut sangat diminati sebagai salah satu penunjang untuk mendapatkan ilmu dan pengalaman bersama Perusahaan Upstream Migas terkemuka di Regional 1 Sumatera dan juga tanah air.

"Program ini merupakan bagian dari komitmen PHR untuk meningkatkan SDM Provinsi Riau. Putra-Putri Riau sangat antusias dalam memperoleh pengalaman untuk dapat terjun dan melihat langsung lingkungan dan proses kerja di Pertamina Hulu Rokan. Kami akan memberikan yang terbaik sehingga ini bisa menjadi modal untuk masa depan dan pengembangan karir mereka," jelasnya.

Dalam proses seleksi ini, PHR bekerjasama dengan Politeknik Caltex Riau (PCR) yang dilakukan secara online, termasuk tes potensi akademik dan wawancara.

Peserta magang tersebut akan bergabung pada 1 Februari 2023. Mereka berkesempatan selama 6 bulan untuk belajar dunia kerja dengan mendapatkan uang saku, BPJS Kesehatan, BPJS Tenaga Kerja dan sertifikat industri.

Perwakilan Peserta Magang 2022, Wan Yoan Tri Mahdia menyampaikan, bahwa lewat program magang kerja PHR banyak sekali ilmu dan pengalaman berharga yang didapatkan.

"Kita diberikan kesempatan untuk belajar dan mendapatkan pengalaman berharga. Selama 6 bulan itu, kami dapat mengembangkan kemampuan untuk belajar hal-hal baru di tengah lingkungan kerja yang inklusif, dan juga belajar beradaptasi di dunia kerja yang pada dasarnya berbeda saat menempuh pendidikan di bangku kuliah," ungkapnya.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada PHR yang telah memberikan kesempatan emas bagi Putra-Putri Riau tersebut.

"Harapan kami tentunya tahun-tahun selanjutnya program tersebut terus bergulir untuk meningkatkan kompetensi dan pengalaman bagi anak-anak Riau," ujarnya.

Pengalaman yang sama juga dirasakan Siti Rahmah, perwakilan peserta magang kerja PHR di Area South ini mengaku bersyukur mendapatkan kesempatan berharga dalam lingkungan kerja yang saling mendukung.

"Selama 6 bulan di PHR waktu yang menyenangkan, para karyawan PHR sangat humble, rasa kekeluargaannya luar biasa, senantiasa membimbing dan mengayomi kami dengan baik. Terima kasih PHR dengan adanya program magang kerja ini membuat pikiran saya semakin terbuka dan lebih matang untuk memasuki dunia kerja," tuturnya. ***