PEKANBARU - Kota Pekanbaru harus berguru dari Kota Bandung yang memiliki program Universal Health Coverage (UHC), program ini berguna untuk melindungi kesehatan masyarakat.

Program yang sudah ada sejak 2017 ini membuat penerima Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) di Kota Bandung menjadi meningkat.

Ketua Komisi III DPRD Kota Pekanbaru, Yasser Hamidy berharap Pemko Pekanbaru juga meniru dan bisa segera menerapkannya di Kota Pekanbaru.

"Program ini sangat bagus, jadi kesehatan masyarakat dijamin oleh pemerintah. Apalagi di Kota Pekanbaru tingkat kemiskinan masih tinggi, hukum tertinggi adalah kesehatan masyarakat," katanya, Selasa (23/11/2021).

Kedepannya Yasser menerangkan, Komisi III DPRD Pekanbaru juga akan memanggil Dinas Kesehatan (Diskes) Pekanbaru untuk menawarkan program UHC tersebut.

"Masyarakat Bandung sekarang sudah dijamin kesehatannya, baik itu kelas bawah dan juga kelas menengah. Dan itu gratis dibiayai APBD Bandung, apalagi saat pandemi seperti saat ini sangat membantu masyarakat," jelasnya.

Diharapkan dengan nantinya ada program UHC, tidak lagi ada masyarakat yang kurang mampu menjadi terlantar karena tidak mendapatkan pelayanan kesehatan. ***