PEKANBARU - Pj Wali Kota Pekanbaru, Muflihun kembali melakukan pelantikan kepada empat kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kamis (5/1/2023). Pelantikan dilakukan kepada Abdul Jamal sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Pekanbaru, Zulfahmi Adrian sebagai Kepala Satpol PP Kota Pekanbaru, Syamsuwir dilantik sebagai Kepala Disnaker dan Iwan Simatupang sebagai inspektur Inspektorat.

Selain itu, Pj Wali Kota juga memberikan amanah kepada dua pejabat lainnya untuk merangkap jabatan yang masih kosong. Diantaranya Kepala Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Pekanbaru Alek Kurniawan merangkap jabatan sebagai Kepala Dispora. Jabatan ini sebelumnya dirangkap jabatan oleh Zulfahmi Adrian.

Jabatan Kepala Badan Kesbangpol yang juga ditinggalkan Zulfahmi dirangkap oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kota (Setdako) Pekanbaru Syoffaizal.

Muflihun mengatakan, rotasi jabatan diantara kepala OPD ini merupakan lanjutan dari hasil evaluasi beberapa waktu lalu. Dimana, dengan rotasi ini diharapkan para pejabat menempati posisi yang lebih sesuai dengan kemampuannya.

"Tadi sudah dilantik empat kepala OPD yang terdiri dari Inspektorat, Disdik, Disnaker, dan Satpol PP. Pelantikan ini merupakan tindak lanjut hasil evaluasi kemarin," jelasnya.

Menurutnya, rotasi jabatan dan pelantikan ini sudah dilakukan sesuai regulasi. Pemko Pekanbaru sudah mendapatkan izin persetujuan dari Kemendagri sebelum melakukan pelantikan.

"Evaluasi ini berdasarkan regulasi. Kita minta kepada pejabat yang dilantik agar menjalankan fungsinya dengan baik dan tetap mengacu kepada RPJMD dan visi misi Pekanbaru," pungkasnya. ***