PEKANBARU - Suhardiman Amby, merupakan orang pertama yang mendaftar sebagai bakal calon bupati Kuantan Singingi (Kuansing) ke PDIP Riau. Politisi Hanura tersebut, datang menyerahkan berkas pendaftarannya pada Rabu (11/9/2019).

Suhardiman mengatakan, bahwa selain PDIP Riau, dirinya juga mendaftar di enam partai lainnya. Yaitu Hanura, Gerindra, Demokrat, PKS, dan Nasdem.

"Harapan saya tentu agar partai ini bisa merestui kita," kata politisi yang akrab disapa Datuk usai menyerahkan formulir pendaftarannya.

Sementara itu, Sekretaris Tim Penjaringan Kepala Daerah/Wakil Kepala Daerah PDIP Riau, Rudinal Batubara mengatakan, bahwa pendaftaran calon kepala daerah PDIP memang telah dimulai pada 10 September lalu, dan berakhir 21 September mendatang.

"Mulai kemaren tgl 10 sampai 21 September. Buka di setiap kabupaten yang mengikuti kontestasi pilkada," ujarnya.

Mekanismenya, lanjut Rudinal, pihaknya akan melakukan verifikasi bakal calon terlebih dahulu, kemudian akan dikirimkan ke DPP.

"Jadi kita verifikasi terlebih dahulu, melengkapi berkas dan rapat pleno di DPD. Setelah verifikasi, baru diserahkan ke DPP dan diputuskan," jelasnya.***