PEKANBARU - Dinas Pertanian dan Peternakan (Distankan) Kota Pekanbaru mendapat penghargaan atau reward dari Kementrian Pertanian RI. Penghargaan itu diberikan karena Dinas Pertanian Kota Pekanbaru sudah berhasil mengimplementasikan pemakaian kartu tani.

"Untuk di Riau kita yang pertama kali menggunakan kartu tani yang sudah kita mulai sejak Januari lalu," ungkap Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Pekanbaru, Firdaus, Selasa (22/11/2022).

Firdaus menyebutkan bahwa di Kota Pekanbaru terdata ada lebih dari 6.000 petani. Namun yang memenuhi syarat untuk mendapatkan kartu tani ada sekitar 3.500 petani.

"Dari Januari sampai sekarang kita sudah bagikan sekitar 2.100 kartu tani kepada para petani yang tersebar di Kota Pekanbaru. Sisanya masih dalam proses pembuatan kartu," imbuhnya.

Pembuatan kartu tani ini sama sekali tidak menggunakan dana APBD. Kartu tani ini dimiliki para petani setelah ada kerjasama dengan Bank Mandiri.

Lanjut Firdaus, kartu tani berfungsi untuk membeli pupuk subsidi oleh para petani. Selain juga yang mendapatkan kartu tani juga sekaligus mendapatkan kartu BPJS ketenagakerjaan.

"Data penerima kartu tani juga digunakan oleh Dinas Tenaga Kerja Pekanbaru untuk penerima BPJS. Premi BPJS dibantu melalui APBD,"tuturnya. ***