SELATPANJANG - Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Tebingtinggi menjadi sasaran pertama pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi pelajar di Kabupaten Kepulauan Meranti, Riau. Kegiatan dilaksanakan di Halaman SMA N 1 Tebingtinggi, Jalan Pembangunan II, Selatpanjang, Senin (20/9/2021) pagi.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH, turut dihadiri Plh Danramil 02/Tebingtinggi, Mayor Infanteri Suratno, Kepala Disdukcapil Kepulauan Meranti, Ramdan, Danposal Selatpanjang, Letda Laut (S) Jerry Hendra, Jubir Penanganan Percepatan Covid-19, Muhammad Fahri, Kepala Dinsos Meranti, Agusyanto, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tebingtinggi, Poyadi bersama guru dan siswa/siswi lainnya.

Bupati Kepulauan Meranti, Haji Muhammad Adil SH mengatakan ini vaksin yang perdana yang dikhususkan pada siswa dan siswi, dan vaksin ini dilakukan pada pelajar yang berumur 12 Tahun.

"Vaksin ini tidak ada batasannya, jadi tidak ada warga Meranti yang tidak vaksin. Dan untuk siswa dan siswi yang sudah 12 tahun wajib vaksin," ucap Bupati Adil dalam sambutannya.

Adil juga menegaskan agar pelaksanaan vaksin yang diperuntukan bagi pelajar ini tetap menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19, agar dapat meminimalisir penularan virus yang mematikan itu.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tebing Tinggi, Poyadi mengatakan dalam pelaksanaan vaksin yang dilakukan tersebut ada sebanyak 421 dosis vaksin yang diperuntukan untuk siswa.

"Jumlah dosis vaksinasi yang dilaksanakan lebih kurang 421 dosis, dari total siswa 768, dengan jenis vaksin Sinovac. Sedangkan sebanyak 96 Pendidik dan tenaga Pendidik sudah di Vaksin," jelas Poyadi.

Diungkapkan Poyadi, dalam pelaksanaan vaksin ini para pelajar diwajibkan untuk menyertakan surat pernyataan izin orang tua masing-masing.

"Dari surat pernyataan itu, ada sebanyak 300 an lebih siswa dan siswi yang tidak dibolehkan untuk vaksin," ungkapnya.

Hal tersebut sangat disayangkan Poyadi selaku orang nomor satu di SMA Negeri 1 Tebing Tinggi. Dimana diakuinya, padahal dengan melakukan vaksin ini untuk meningkatkan kekebalan imunitas pada tubuh para siswa dan siswi.

Disamping itu pula, dirinya sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan tersebut. Pasalnya, SMA N 1 Tebing Tinggi menjadi sekolah perdana yang dilaksanakan vaksinasi yang diperuntukan para siswa dan siswi.

"Kita sangat berterimakasih kepada Pemerintah Daerah (Pemda) Kepulauan Meranti dan juga kepada Koramil 02/Tebing Tinggi serta Posal Selatpanjang, karena dosis vaksin ini dari TNI yakni Koramil dan Posal Selatpanjang. Dan saya mewakili SMA N 1 Tebing Tinggi sangat apresiasi setinggi-tingginya," ucap Poyadi.

Ditempat yang sama, Danramil 02/Tebingtinggi, Mayor Infanteri Suratno menjelaskan bahwa para siswa dan siswi harus menjadi prioritas dalam pelaksanaan vaksinasi. Karena sejauh ini para pelajar belum mendapatkan prioritas khusus.

"Untuk jumlah antara TNI dan Polri itu sama. dan mengapa kita khususkan untuk para siswa dan siswi, karena untuk siswa dan siswi sekolah yang sudah 12 tahun ini belum dapat pelayan khusus, untuk itu kita jemput bola istilahnya," jelasnya.

Dikatakan Mayor Infanteri Suratno bahwa pihaknya akan melakukan dor to dor dalam pelaksanaan vaksinasi, hal tersebut sesuai dengan kebijakan Bupati Kepulauan Meranti.

"Yang di vaksin belum bisa datang ya Kita datangi (dor to dor)," katanya.

Sedangkan untuk pelaksanaan vaksinasi bagi pelajar tingkat SLTA di Kepulauan Meranti, pihaknya akan berlanjut hingga target yang dicapai terpenuhi.

"Kita akan lanjut siswa siswi di sekolah lain, tentunya untuk SLTA sudah punya data, dan Ini yang perlu kita kejar, mobilitas anak ini yang perlu kita kejar. Tinggal koordinasi ke sekolah aja," pungkasnya.(***)