PANGKALAN KERINCI - Pengurus Ikatan Keluarga Minang Riau Kompleks (IKMRK) periode 2022-2025 yang berada di PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) resmi dilantik oleh Ketua IKMR Kabupaten Pelalawan di Aula Foodcourt RAPP, Pangkalan Kerinci. Sabtu (23/09/2022).

Pengukuhan kepengurusan IKM-RK juga disertai dengan pelantikan kepengurusan Bundo Kanduang oleh Ketua Ikatan Wanita Minang Riau (IWAMR) Efildawati. Turut hadir Anggota DPRD Provinsi Riau, IKMR Kabupaten Pelalawan dan para Ketua organisasi yang ada di Pelalawan, antara lain Ikatan Keluarga Tanah Datar (IKTD), Ikatan Keluarga Pesisir Selatan (IKPS), Ikatan Keluarga Pasaman, Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP), Ikatan Keluarga Luhak Agam (IKLA) dan Gonjong Limo (Payakumbuh).

Mewakili manajemen, HR Manager PT RAPP, Hendra Huang mengatakan manajemen menyambut baik adanya organisasi atau paguyuban di lingkungan perusahaan. Sejak tahun 2004, perusahaan mendukung terbentuknya paguyuban di Riau Kompleks.

"Paguyuban yang ada di Riau Kompleks membantu menciptakan dan menjaga kerukunan antar suku yang berbeda. Semoga paguyuban ini dapat mengemban tugas dengan aman dan lancar serta berperan positif untuk kemajuan Riau Kompleks," ujarnya.

Mewakili pengurus Provinsi, Wakil Ketua Umum IKMR Provinsi Riau Darmansyah Malik mengucapkan selamat atas dilantiknya pengurus IKM-RK dan berharap semakin memperkuat persatuan dan membawa manfaat bagi masyarakat, khususnya warga minang di perantauan.

"Kita ingin IKM-RK ini menjadi wadah silaturahmi serta bisa berinteraksi dengan siapapun dengan latar belakang yang berbeda-beda. Seluruh pengurus IKM-RK yang dilantik diharapkan dapat semakin baik dan turut kondusifitas di daerah," kata Darmansyah.

Ketua IKM-RK Refnil Dodi mengatakan keberadaan orang minang di perantauan harus mampu berbaur dan beradaptasi dengan masyarakat setempat.

“Tandanya orang Minang, dima bumi dipijak, di situ langik dijunjuang, itu prinsip merantaunya orang minang. Bisa mengikuti nenek moyang kita, kesuksesan kita di rantau bergantung pada kesuksesan beradaptasi. Jadi orang Minang harus membaur dengan masyarakat setempat,” kata Refnil.

Paguyuban IKM-RK merupakan organisasi kemasyarakatan yang merangkul seluruh karyawan dan warga di Riau Kompleks PT RAPP yang berasal dari daerah Sumatera Barat atau memiliki darah keturunan suku Minangkabau. Melalui paguyuban ini diharapkan mampu memperteguh persatuan dan kesatuan masyarakat sehingga berkontribusi pada kelangsungan dan kesuksesan operasional perusahaan.

Saat ini ada 11 paguyuban di lingkungan Riau Kompleks, di antaranya PERMASA (Persatuan Masyarakat Aceh), Himpunan Keluarga Muslim Asal Tapanuli (HIKMAT), Ikatan Keluarga Batak Toba (IKABA), Mergasilima, Ikatan Keluarga Melayu Riau (IKMR), Ikatan Keluarga Minang Riau Kompleks (IKM-RK), Ikatan Keluarga Tionghoa (IKT), Ikatan Keluarga Nias (IKN), Ikatan Keluarga Asal Sumatera Selatan (IKASS), Pandan Wangi (Asal Pasundan, Jawa Barat) dan Paguyuban Tunggal Warga (PUNGGAWA). ***