PANGKALAN KERINCI - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah memberikan hadiah penghargaan pemustaka kepada pengunjung Perpustakaan Umum Kabupaten. Penilaian dititikberatkan pada intensitas jumlah kunjungan pribadi atau instansi yang berkunjung.

Kategori penghargaan yang diberikan yakni kategori PAUD/TK, SD/MI sederajat, SMP sederajat, SLTA sederajat, kategori umum dan kategori instansi.

Penyerahan hadiah dilakukan di halaman Perpustakaan Umum Kabupaten di Jalan Lintas Timur (Jalintim) Pangkalan Kerinci areal kompleks AKN Pelalawan, Rabu (14/11/2018).

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Pelalawan, MD Rizal menyampaikan, pemberian hadiah penghargaan pemustaka kepada pengunjung dititik beratkan pada kriteria yang aktif dan sering berkunjung ke Perpustakaan Umum Kabupaten.

"Tujuannya agar seluruh tingkatan generasi betul-betul mengangkat program Pelalawan Cerdas," jelasnya.

Pemberian hadian ini, kata MD Rizal, sempat terhenti selama beberapa tahun terakhir. "Tahun-tahun kemarin kegiatan ini sempat terhenti dan tahun ini muncul lagi," ucapnya.

Ia menyampaikan, untuk pelaksanaan kegiatan serupa pada tahun depan akan digelar di dalam ruangan, tidak seperti pelaksanaan tahun 2018 ini. "Insya Allah tahun depan dapat dilaksanakan di gedung daerah dan akan lebih meriah," katanya.

Menurut MD Rizal ada kendala dalam perkembangan kemajuan perpustakaan di Indonesia, khsusnya di daerah. Berdasar penelitian, budaya baca di Indonesia sangat rendah se Asia Tenggara, alasannya karena infrastruktur yang tidak memadai.

"Maka untuk penyemangat kita berikan hadiah bagi pengunjungnya," pungkasnya, pada acara penyerahan hadiah. ***