JAKARTA - Polisi telah menangkap pengemudi mobil Fortuner arogan yang menyalip antrean di jalan tol dan mengaku adik jenderal. Pria berinisial PWGA itu sudah ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan.

Dikutip dari Inews.id, PWGA dijerat dengan Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat karena menggunakan pelat dinas TNI palsu.

GoRiau Mobil Fortuner pakai pelat TNI
Mobil Fortuner pakai pelat TNI palsu. (tangkapan layar via inews.id)

"Sudah jadi tersangka dan ditahan," kata Kasubdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Titus Yudho Uly, Rabu (17/4/2024). 

PWGA sempat cekcok dengan pengendara lain di Jalan Tol Jakarta-Cikampek karena ulah arogannya. Saat ditegur, dia malah mengaku sebagai adik jenderal TNI bernama Sonny Abraham. 

Pengakuan palsu ini membuat geram pemilik asli pelat dinas TNI tersebut, yang kemudian melaporkannya ke Polda Metro Jaya.

Setelah dilakukan penyelidikan, PWGA berhasil ditangkap di rumahnya di kawasan Cempaka Putih, Jakarta Pusat. 

Dalam pemeriksaan, terungkap bahwa PWGA membuang pelat dinas TNI tersebut di daerah Lembang Banung setelah mengetahui videonya viral. 

Dia menggunakan pelat TNI palsu tersebut untuk menghindari aturan ganjil-genap dan ingin melakukan liburan karena musim libur panjang.

"Pelat TNI-nya sudah dibuang di daerah Lembang dan sekarang masih dicari anggota di sekitar lokasi di lembang. Anggota lagi mengarah ke sana," kata Kanit 2 Subdit Resmob Ditreskrimum Polda Metro Jaya Kompol Anggi Fauzi Hasibuan.

Bukan TNI, tapi Pengusaha

Pusat Polisi Milter (Puspom) TNI memastikan pengemudi mobil Fortuner yang arogan saat berkendara di Jalan Tol Jakarta-Cikampek bukan personel TNI. Pelaku merupakan warga sipil yang berprofesi sebagai pengusaha.

"Dari hasil pemeriksaan dipastikan yang bersangkutan merupakan warga sipil, yang berprofesi sebagai seorang pengusaha (bukan seorang anggota TNI)," kata Kapuspen TNI Brigjen Nugraha Gumilar, Rabu (17/4/2024).

Sebelumnya, viral pengemudi mobil Fortuner berpelat TNI cekcok dengan pengemudi lain. Ternyata pelat dinas tersebut milik purnawirawan. 

"Informasi terkait hasil penyelidikan awal terhadap berita video viral yang beredar tentang arogansi oknum pengemudi mobil Fortuner berpelat dinas Mabes TNI, Puspom TNI telah memeriksa database nomor registrasi kendaraan di Denma Mabes TNI," kata Mayjen Nugraha Gumilar, Jumat (11/4/2024).

Puspom TNI lalu memeriksa database Korlantas Mabes Polri. Mobil tersebut terdaftar dengan nama pemilik Asep Adang, seorang purnawirawan TNI.***