BENGKALIS–Selain terus menunjukkan grafik penurunan, penambahan kasus harian terkonfirmasi Covid-19 di Kabupaten Bengkalis kian mendekati angka nol. Jika kemarin terjadi penambahan kasus baru 8 orang, hari ini (Kamis (16/9/2021) turun menjadi 4 kasus.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bengkalis, Ersan Saputra TH mengatakan, penambahan 4 orang tersebut membuat kumulatif terkonfirmasi Covid-19 di kabupaten dengan 11 kecamatan, serta 155 desa kelurahan/desa ini menjadi 7.011 kasus.

Dijelaskan mantan Direktur RSUD Kecamatan Mandau ini, 4 kasus baru hari ini berasal dari Kecamatan Mandau 2 orang, serta Bengkalis dan Rupat Utara masing-masing 1 orang.

“Dari Mandau berasal dari (kelurahan/desa) Air Jamban dan Babussalam. Sedangkan 1 orang di Bengkalis dari Kelapapati, dan 1 orang di Rupat Utara dari Tanjung Punak,” jelasnya.

Ersan juga menerangkan, hari ini terdapat tambahan 1 desa yang terdapat kasus Covid-19 selama 2021 ini. Yakni, Tanjung Punak.

“Selama tahun ini, hingga hari ini, dari 155 desa/kelurahan, 75 di antaranya terdapat kasus Covid-19. Sedangkan 80 lainnya nihil. Mudah-mudahan ke depan tidak bertambah lagi”, jelas dan harap Ersan.

Di bagian lain, meskipun selama September ini terjadi penurunan kasus harian, Ersan berharap masyarakat tetap waspada. Tidak euforia.

Kemudian, dia juga kembali mengimbau seluruh lapisan masyarakat di daerah ini secara kolektif dan dengan rasa tanggung jawab yang tinggi untuk tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Meskipun kasus terus menurun, seluruh masyarakat di Kabupaten Bengkalis hendaknya senantiasa menjalankan 5M kapan dan dimana pun berada. Yakni, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menghindari kerumunan, dan membatasi mobilitas,” harap Ersan.***