TELUKKUANTAN - Di tengah kesibukan sehari-hari, setiap orang selalu mendambakan tubuh sehat. Berbagai upaya dilakukan agar tetap fit, mulai dari pola hidup sehat seperti berolahraga sampai mengkonsumsi makanan dan minuman bernutrisi.

Salah satu cara menjaga nutrisi tubuh adalah dengan rutin menyantap buah-buahan. Namun, tidak semua orang mampu mengkonsumsi buah-buahan karena kesibukannya.

Karena itu, kini hadir Ci Limonia, minuman segar kaya nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Ci Limonia merupakan minuman sari buah jeruk nipis, lemon dan kasturi yang diproduksi oleh Saripul Lukman, seorang pemuda Pangean, Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

Menurut Lukman, Ci Limonia kaya akan manfaat, seperti membantu proses pencernaan, mengatur kadar PH, meningkatkan stamina, membantu kesehatan ginjal, mencegah kanker dan meningkatkan sel darah putih.

"Selain itu, Ci Limonia juga mampu menurunkan berat badan dan meningkatkan kesehatan kulit serta menghilangkan racun dalam tubuh," ujar Lukman.

Saat ini, lanjut Lukman, dirinya menggandeng mahasiswa Uniks dan dibawah bimbingan CD PT.RAPP mampu memproduksi 50 botol per hari.

Dikatakan Lukman, saat ini petani jeruk nipis, lemon dan kasturi di Kuansing mengeluh dengan sulitnya pemasaran. Berangkat dari itu, Lukman terinspirasi untuk mengolah jeruk tersebut.

"Saya lihat, banyak buah yang jatuh dan busuk karena tidak ada pembeli. Para petani bersusah payah merawat, setelah berbuah, tak ada penampungan. Dari situ, saya berpikir untuk membuat produk olahan," papar Lukman.

Langkah kecil Lukman ini perlu didukung agar pertanian di Kuansing semakin maju, tentunya mengangkat nilai jeruk nipis di Kuansing.***