PANGKALANKERINCI – Pemerintah membuka seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. Terkait hal itu, Pemerintah Kabupaten Pelalawan juga telah menerima petunjuk teknis (juknis) pelaksanaannya.

"Terkait dengan persiapan pelaksanaan perekrutan PPPK Guru, kita sudah menyelesaikan tahap sosialisasi," ungkap Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Pelalawan, Darlis kepada GoRiau.com, Selasa (25/10/2022).

Tahap persiapan pelaksanaan perekrutan PPPK Guru itu, jelas dia, berupa sosialisasi yang diberikan terhadap tim penilai. Dimana sosialisasi dibagi dalam dua sesi.

"Untuk persiapan pelaksanaan perekrutan PPPK Guru, kita sudah melaksanakan tahap sosialisasi kepada tim penilai pada 22 Oktober di Kecamatan Kualakampar dan 24 Oktober kemarin di Pangkalankerinci, di auditorium," terangnya.

Darlis menjelaskan, materi pembekalan terhadap tim penilai yang terdiri dari kepala sekolah, guru senior dan pengawas berupa mekanisme dan sistem serra tata cara penilaian melalui sitem.

"Jadi, sistem penilaian itu sudah disediakan oleh Kemenpan dan Disdikbud. Jadi penilaian yang dilakukan oleh tim terhadap pelamar  nantinya, dilakukan melalui sistem," jelasnya.

Ditegaskannya, seluruh kepala sekolah dilabatkan sebagai tim penilai seleksi PPPK Guru. Hal itu sesuai dengan mekanisme.

"Jadi, selain kepala sekolah  guru senior dan pengawas juga dilibatkan dalm tim. Tentu ada Disdikbud dan BKPSDM," pungkas Darlis.

Sebagai informasi tambahan, jumlah PPPK Guru di Pelalawan pada tahun ini sebanyak 1.051 orang. Jumlah tersebut sudah termasuk 115 passing grade.***