BENGKALIS--Pemerintah Kabupaten Bengkalis menggelar Halal Bihalal Idul Fitri 1440 H/2019 M yang dipusatkan di halaman Kantor Bupati Bengkalis, Kamis (20/6/2019). Acara diisi dengan tausyiah oleh Ustadz K.H. Taufiqurrahman, S.Q atau yang lebih dikenal dengan Ustadz Pantun, dilanjutkan salam-salaman dan makan bersama.

Pada kesempatan itu, Bupati Bengkalis, Amril Mukminin juga menyerahkan hadiah kepada pemenang lomba Festival Colok dan Pawai Takbir Malam Idul Fitri serta melepas santri binaan Baznas Kabupaten Bengkalis untuk menuntut ilmu ke berbagai pondok pesantren di tanah air.

Dalam sambutannya Bupati menyampaikan, seiring perkembangan zaman, di mana semua orang semakin disibukkan dengan berbagai urusan siang dan malam sehingga jalinan silaturrahmi ini menjadi salah satu barang langka. Padahal Rasulullah SAW telah sejak lama menjanjikan bahwa siapapun yang berusaha sekuat tenaga, untuk menjaga dan memelihara hubungan silaturrahminya, dengan siapa saja, insyaa Allah ia akan memperoleh pertambahan dan keberkahan usia, pertambahan serta keberkahan rezeki, serta dicintai oleh Allah SWT.

Lebih lanjut, Amril menuturkan sebagai aparat pemerintah memiliki kewajiban dan tanggungjawab untuk menjalankan fitrah kita sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Cita–cita program pembangunan yang sedang kita jalankan saat ini adalah untuk mewujudkan masyarakat bengkalis yang makmur sejahtera. Namun demikian, program ini tidak akan dapat terwujud, tanpa adanya dukungan dari semua pihak.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20062019/halalbihal-8185.jpgPara pemenang Festival Colok dan Pawai Takbir Malam Idul Fitri serta santri binaan Baznas Kabupaten Bengkalis foto bersama Bupati Amril Mukminin, Ketua DPRD Abdul Kadir, Mantan Bupati Syamsurizal dan Ustadz K.H. Taufiqurrahman, S.Q

''Melaui momen Syawal ini marilah kita satukan hati dan pikiran, dalam melaksanakan tugas kita untuk selalu memprioritaskan kesejukan dan kedamaian dalam menghadapi setiap persoalan, sehingga situasi dan kondisi yang tertib, aman dan dinamis dapat terus terjaga dan terpelihara,'' harapnya.

Melalui kegiatan Halal Bihalal ini, Amril mengimbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis akan tiga hal yaitu kejujuran, keikhlasan dan kebersamaan. ''Kebersamaan merupakan salah satu kunci agar segala rencana dapat terealisasi. Karena bagaimanapun, kebersamaan inilah yang akan melahirkan energi, motivasi dan bahkan sinergi diantara kita. Kita semua setuju bahwa kebersamaan tak akan terbina jika kita semua tidak memelihara hubungan baik atau silaturrahmi antar sesama,'' pungkasnya.

Bupati juga mengajak masyarakat Negeri Junjungan untuk dapat memaknai kata Halal Bihalal. Karena sebagaimana diketahui bersama bahwa hakekat Syawal adalah peningkatan. ''Dimana selama sebulan ibadah Ramadan yang telah kita laksanakan dapat menjadikan kita pribadi yang lebih kuat, baik dari sisi iman, lahiriah, maupun jasmaniah. Karena Ramadhan telah menempa kita untuk menjadi orang yang lebih sabar, beriman dan mendapat gelar orang yang bertakwa kepada Allah SWT," ujar Bupati.

Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan selamat dan tahniah kepada ananda Annisa Azzahra dan Mitalina Humairoh yang telah berhasil meraih juara pertama dan kedua pada ajang Hafiz Indonesia 2019 serta juara II Tartil Quran Internasional.

https://www.goriau.com/assets/imgbank/20062019/halalbihal-8184.jpgBupati Bengkalis, Amril Mukminin dan isteri bersalam-salaman dengan masyarakat dan pegawai di lingkungan Pemkab Bengkalis

''Semoga kedua hafidzah cilik Bengkalis ini dapat memotivasi seluruh elemen masyarakat agar dapat membimbing anak–anak semakin cinta kepada Alquran dan menggalakkan hafalannya,'' harap Amril.

Bupati mengucapkan selamat dan tahniah kepada para juara perlombaan Pawai Takbir Idul Fitri dan Lampu Colok 1440 Hijriah. Semoga kegiatan yang dilaksanakan tersebut dapat meningkatkan semangat dalam menjalankan ajaran Islam serta meningkatkan nilai keimanan dan ukhuwah Islamiyah.

"Kami juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bengkalis, yang ikut serta memajukan dunia pendidikan di Kabupaten Bengkalis dengan membina 13 orang santri dalam Program Bengkalis Smart tahun ajaran 2019/2020, yang akan diberangkatkan ke Yogyakarta, Bogor, Kampar san Siak Sri Indrapura. ''Semoga para santri dapat mengikuti rangkaian pendidikan dengan baik dan cepat menyesuaikan diri serta menjaga nama baik Kabupaten Bengkalis,'' tutup Amril.

Hadir dalam acara Hialal Bihalal Ketua DPRD Bengkalis Abdul Kadir, Bupati Bengkalis 2000-2010 H Syamsurizal, Ketua MUI Bengkalis H Amrizal, Ketua Baznas Ali Ambar, pengurus Ikatan Keluarga Masyarakat Kabupaten Bengkalis di Tanjung Balai Karimun, Batam, Tanjung Pinang, Pekanbaru, Jakarta, Dumai dan lainnya, sejumlah pejabat pemerintah daerah maupun pejabat vertikal yang ada di Kabupaten Bengkalis, tokoh masyarakat, adat dan pemuda, serta ribuan tamu undangan memenuhi tenda-tenda yang telah disediakan.ail/inf