PEKANBARU - Memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-235 Kota Pekanbaru pada 23 Juni 2019, sejumlah kegiatan yang mengajak masyarakat agar berpartisipasi langsung mulai diselenggarakan. Salah satunya adalah kegiatan aksi bersih Sungai Siak, Kamis, (20/6/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Walikota Pekanbaru Firdaus menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk mengajak masyarakat kembali mengingat sejarah Sungai Siak yang berkaitan dengan sejarah berdirinya Pekanbaru pada 235 tahun lalu. Selain itu, masyarakat juga diharapkan memiliki kecintaan terhadap kelestarian lingkungan, terutama sungai dan anak-anak sungai.

"Pada HUT ke-235 Pekanbaru ini, kita mengajak masyarakat kembali mengingat sejarah di Sungai Siak, yang tidak lepas dari sejarah berdirinya Pekanbaru yang didirikan Sultan Muhammad Ali Abdul Jalil Muazzam Syah," jelasnya usai kegiatan tersebut.

"Kita juga kembali kesini untuk menggali potensi Sungai Siak sebagai wisata air, dan menanamkan kecintaan kepada masyarakat untuk menjaga lingkungan, terutama sungai dan anak-anak sungai," ungkapnya.

Lebih lanjut, Firdaus menjelaskan bahwa kegiatan aksi bersih Sungai Siak ini juga berkaitan dengan program nasional, yaitu program Indonesia bersih yang dideklarasikan pada awal tahun lalu. Menurutnya, program nasional tidak akan berhasil tanpa adanya dukungan dari masing-masing provinsi dan kota.

"Acara ini sebenarnya berkaitan dengan program nasional Indonesia bersih. Untuk menciptakan Negara Indonesia yang bersih tentu harus didukung oleh provinsi-provinsi. Suksesnya provinsi mendukung program tersebut harus didukung oleh kabupaten/kota di masing-masing provinsi," paparnya.

Sementara itu, kegiatan aksi bersih Sungai Siak ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat dari Pemko Pekanbaru dan Sekretaris Daerah Provinsi Riau. Acara ini juga dihadiri oleh ratusan masyarakat. ***