PEKANBARU - Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kampar, Surya Darmayana mengatakan pemilihan calon ketua KONI Provinsi Riau kali ini harus berlangsung secara meriah, sehingga kabarnya diketahui masyarakat luas.

Bersamaan dengan itu, Surya menjelaskan bahwa ada delapan KONI kabupaten/kota di Provinsi Riau yang sepakat untuk tidak menyatakan sikap sebelum waktu pemilihan. Hal ini dimaksudkan agar setiap calon, dapat mengenalkan visi dan misinya terlebih dahulu kepada setiap anggota.

"Kita minta agar semua calon itu, mengenalkan diri dulu, menjelaskan visi dan misinya dulu. Mereka mau apa jika menjadi Ketua KONI Riau, mau membawa KONI kemana," ujarnya, Minggu (12/9/2021).

Menurutnya, delapan KONI kabupaten/kota tersebut diantaranya KONI Kabupaten Kampar, Rokan Hulu, Pelalawan, Kuansing, Siak, Bengkalis, Meranti dan Inhu.

"Kita juga ada kriteria untuk calon yang akan kita pilih, misalnya kedekatan dengan gubernur. Maksudnya bukan calon ini punya dekingan gubernur ya, tetapi cara dia berkomunikasi dengan gubernur, karena KONI inikan menerima dana hibah juga," jelasnya.

Ia menerangkan, meski saat ini sepakat untuk belum menyatakan sikap terhadap calon ketua yang maju, bukan berarti masing-masing anggota KONI Provinsi Riau tersebut harus memilih calon yang sama saat penentuan.

"Saat ini kita hanya sepakat untuk belum menyatakan sikap saja. Tetapi saat pemilihan, kita menentukan pilihan kita masing-masing," pungkasnya. ***