PEKANBARU - Anggota Komisi V DPRD Riau, Kasir, meminta pemerintah di semua tingkatan untuk menjadikan momentum peringatan 'Hari Guru' sebagai langkah awal perbaikan nasib para guru.

Disampaikan Kasir, seorang guru harus memiliki kemampuan mumpuni dan berwawasan luas dalam menciptakan generasi muda yang berkualitas. Guru yang berkompeten ini baru akan bisa terwujud ketika guru sudah sejahtera.

Menurut Kasir, apa yang didapat para guru hari ini, terlebih kepada guru honor, sangat jauh dibawah kata layak. Bahkan, ada guru yang terpaksa meminjam uang dari aplikasi pinjaman online.

"Karena penghasilan guru itu kurang, dia tidak konsentrasi dalan mengajar anak murid. Dia lagi ngajar, terus kepikiran kalau beras di rumah tak ada, tagihan kredit, dan lainnya. Akhirnya, guru cuma ngasih tugas aja, tak peduli dia murid ngerti atau gak, banyak yang begini," ujar Kasir, Kamis (25/11/2021).

Di luar negeri, sambung Kasir, profesi guru adalah profesi yang sangat dihargai, karena ada kesadaran bahwa guru adalah garda terdepan dalam membangun bangsa.

"Perlu sebuah revolusi untuk bisa tercapai semua itu, saya yakin 1000 persen, jika anak muda tak punya skill, pasti negara tersebut akan terbelakang, tak akan maju. Disinilah kita perlu peran guru," tuturnya.

"Makanya di momentum hari guru ini, saya berharap perhatian kepada guru bisa lebih ditingkatkan, tapi guru juga harus meningkatkan kualitas dan pola mengajarnya, supaya anak didik punya keterampilan," tutupnya. ***