JAKARTA – Pemancing asal Inggris bernama Andy Hackett berhasil menangkap ikan mas koki raksasa di Danau Bluewater yang terletak di Perancis. Berat ikan tersebut mencapai sekitar 30 kilogram (kg).

Dikutip dari detikinet yang melansir Guardian, Kamis (24/11/2022), dikenal dengan nama Carrot, ikan ini sebenarnya adalah spesies hibrida dari ikan mas koki dan ikan koi, dan dianggap sebagai yang terbesar kedua dari jenisnya yang pernah ditangkap.

"Saya tahu bahwa ada Carrot di dalam danau ini, akan tetapi tidak pernah terpikir bahwa saya akan bisa menangkap ikan itu," kata Andy.

"Saya tahu itu adalah ikan besar ketika termakan umpan dan bergerak ke samping, ke atas dan ke bawah bersamanya. Kemudian ia muncul ke permukaan sejauh 30 atau 40 meter dan saya melihat warnanya orange," lanjutnya.

"Sangat brilian menangkapnya, tetapi hal itu juga merupakan sebuah keberuntungan," tambah dia.

Setelah berpose dengan ikan mas super jumbo itu, Andy melepaskannya kembali ke dalam air.

Manajer perikanan di sungai itu, Jason Cowler, berkata bahwa si ikan mas sudah lama dilepaskan di sana dan saat ini telah tumbuh begitu besar.

"Kami memasukkan Carrot sekitar 20 tahun yang lalu sebagai sesuatu yang berbeda untuk memancing pelanggan. Sejak itu ikan mas ini tumbuh dan berkembang tetapi tidak sering keluar, ia suka bersembunyi," cetusnya.***