PEKANBARU - Mendukung penuh program Walikota Pekanbaru, Kecamatan Payung Sekaki sudah membentuk bank sampah untuk menjaga kebersihan lingkungannya. Pembentukan bank sampah ini merupakan aplikasi dari konsep 3P (reduce, reuse, dan recycle).

Melalui program bank sampah ini, Kecamatan Payung sekaki juga bertujuan untuk membantu korban bencana gempa dan tsunami di Palu dan Donggala. Sampah yang dikumpulkan dari seluruh Aparatus Sipil Negara (ASN) di lingkungan kecamatan ini akan diolah, sehingga dapat menyalurkan donasi bagi para korban.

"Kami telah membuat Bank Sampah, nantinya seluruh ASN akan menyumbangkan sampahnya yang tentu masih bernilai ekonomis. Program ini untuk menjaga kebersihan lingkungan disekitar Kecamatan Payung Sekaki," ungkap Camat Payung Sekaki, Zarman Chandra, Jumat, (16/11/2018).

Nantinya ASN dan UPTD secara teratur diharapkan menyumbangkan sampahnya, yakni setiap hari Kamis, usai senam bersama. Hingga kini, Zarman mengaku ASNnya menanggapi dengan antusias dan donasi yang terkumpul akan disalurkan melalui dinas terkait.

"Alhamdulillah, telah terkumpul sampah donasi untuk Palu, Sigi, dan Donggala, karena ASN juga menyambut dengan antusias. Nanti kita salurkan melalui dinas terkait," terangnya. ***