SIAK - Pasar Minggu Tanjung Geronggang ditutup sementara pasca adanya salah seorang warga Kelurahan Sungai Mempura yang dinyatakan positif Covid-19. Para pedagang diarahkan pindah ke Pasar Tuah Sekato di Kampung Benteng Hulu.

Camat Mempura Hj Desi Fefianti menegaskan Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Mempura langsung mengambil kebijakan dengan menutup aktivitas Pasar Mingguan Tanjung Geronggang yang dibuka pada setiap hari Jum’at ini.

"Adanya warga Kelurahan Sungai Mempura yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut beralamat di sekitar lokasi pasar Tanjung Geronggang, sehingga sangat dikhawatirkan jika Pasar Geronggang tetap dibuka, nantinya dapat menyebabkan penularan Covid-19 terhadap masyarakat yang datang untuk berdagang maupun belanja di pasar mingguan tersebut," kata Camat kepada GoRiau.com Kamis (21/05/2020) sore.

Camat menyebutkan, penutupan pasar Gerongggang bukan untuk menghalang-halangi masyarakat mencari rezeki, namun dikarenakan adanya warga sekitar lokasi pasar yang terjangkit Covid-19.

"Penutupan ini bukan bermaksud menghalang-halangi masyarakat mengais rezeki, tapi demi kebaikan kita bersama agar terhindar dari penularan Covid-19," tegas Camat Desi.

Camat Desi juga mengatakan, pasca para pedagang dipindahkan ke Pasar Tuah Sekato, ratusan masyarakat Kecamatan Mempura tampak berduyun-duyun datang untuk berbelanja di pasar yang berlokasi di tepian jalan lintas Pekanbaru-Buton tersebut.

“Alhamdulillah, setelah para pedagang kita pindahkan ke Pasar Tuah Sekato, ternyata ramai juga masyarakat yang datang untuk berbelanja,” lanjut Camat Desi.

Selain memberikan penjelasan kepada para pedagang tentang dipindahkannya aktivitas Pasar Geronggang ke Pasar Tuah Sekato, Camat Desi juga menyampaikan imbauan kepada seluruh masyarakat baik pedagang maupun pembeli agar senantiasa menjaga jarak di saat berada di tengah pasar, serta mengimbau agar masyarakat tidak lupa mengenakan masker saat keluar rumah.

“Pada pelaksanaan penutupan aktivitas Pasar Geronggang tadi, kami turun ke lapangan bersama aparat Kepolisian dan TNI, termasuk juga dengan Lurah setempat,” tutupnya.adv