PEKANBARU - DPRD Riau resmi membentuk Panitia Khusus (Pansus)  Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) No 10 Tahun 2002 tentang perubahan bentuk status badan hukum Bank Pembangunan Daerah dari Perusahaan Daerah (PD) menjadi Perseroan Terbatas (PT).

Pansus yang diketuai oleh Karmila Sari ini nantinya akan bekerja untuk mempersiapkan regulasi untuk mengkonversi Bank Riau Kepri (BRK) yang semula konvensional menjadi BRK Syariah.

Usai menggelar rapat internal Pansus, Karmila Sari mengatakan, BRK sendiri dibentuk dalam 23 pasal, dan Pansus nantinya kemungkinan akan membahas 6 pasal yang mesti diubah.

"Kita mau lihat dulu, apakah cukup 6 pasal yang kita bahas atau lebih, kemudian di format depan itu juga katanya ada perubahan Perda tapi tidak ada kata syariahnya, itu akan kita bahas juga," kata Ketua Fraksi Golkar DPRD Riau ini kepada GoRiau.com, Senin (11/1/2021).

Sebagai langkah awal pasca pembentukan Pansus, pihaknya akan mengundang Biro Hukum dan jajaran direksi Bank Riau Kepri, dan dia mengharapkan Direktur Utama (Dirut) BRK bisa hadir setiap ada rapat Pansus.

"Sehingga komunikasi kita tidak setengah-setengah, karwn kan kalau kerjasama bagus, ini bisa cepat. Ini untuk kepentingan Riau dan kami akan lihat kesiapan BRK, termasuk bagaimana pendapat para nasabahnya," ujar Legislator Dapil Rokan Hilir ini.

Untuk saat ini, BRK sudah melakukan survey kepada setiap nasabah yang datang ke kantor untuk memintai pendapat terkait konversi ini, sekaligus mengedukasi nasabah tentang konsep-konsep syariah yang akan diterapkan nantinya.

BRK, lanjutnya, juga sudah mulai mengsosialisasikan rencana konversi ini kepada kelompok-kelompok, mulai dari komunitas, perusahaan dan juga Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) yang dikomandoi oleh Sekdaprov.

"Mungkin nanti kita harapkan ada video singkat yang menjelaskan, apa sih syariah itu, apa keuntungan untuk nasabah, jadi harus disosialisasikan lewat audio visual," tutupnya. 

Berikut nama-nama Anggota Pansus Ranperda ini:

Fraksi Golkar

1. Karmila Sari

2. Ramos Teddy

Fraksi PDIP

1. Sugeng Pranoto

2. Almainis

Fraksi Demokrat

1. Eva Yuliana

2. Syahroni tua

Fraksi Gerindra

1. Amran

2. Marwan Yohanis

Fraksi PKS

1.Sofyan Siroj

2  Adam Syafaat

Fraksi PAN

1. Syamsurizal

3. Ade Hartati

Fraksi PKB

1. Abu Khoiri

Fraksi Gabungan (PPP, Nasdem, dan Hanura)

1. Husaimi Hamidi

2. Yuyun Hidayat.***