PEKANBARU, GORIAU.COM - Gempuran militer Israel di Gaza yang menimbulkan korban begitu banyak di kalangan warga sipil, menggugah para aktifis dan masyarakat dunia. Tak terkecuali, Himpunan Mahasiswa Islam di Pekanbaru, Majelis penyelamat Organisasi (HMI MPO) Cabang Pekanbaru.

Sebagai bentuk solidaritas, HMI MPO Cabang Pekanbaru menggelar aksi turun ke jalan mengutuk ''bombardir'' oleh militer Israel tersebut. Bukan hanya menyampaikan tuntutan, HMI MPO juga menggalang dana yang akan disumbangkan untuk warga Palestina di Gaza.

''Kami mengutuk aksi militer Israel di Gaza, suatu tindakan yang telah menimbulkan banyak korban sipil yang tidak berdosa (11/7),'' ujar Ganjar Setiawan, Ketua HMI MPO Cabang Pekanbaru melalui rilisnya kepada GoRiau.com, Jumat (11/7/2014).

Dikatakan, sebagai bentuk solidaritas dan kepedulian kepada warga negara Palestina yang saat ini menjadi korban kebengisan Israel, Himpunan Mahasiswa Islam di Pekanbaru, Majelis Penyelamat Organisasi (HMI MPO) cabang Pekanbaru menggelar aksi solidaris dengan menggalang dana.Aksi sosial berlangusung di Jalan Soekarno-Hatta simpang Mall SKA, Jumat (11/7/2014).

https://www.goriau.com/assets/imgbank/12072014/hmi2jpg-1081.jpgAksi penggalangan dana yang dilakukan aktifis HMI MPO Pekanbaru di Simpang SKA Jalan Soerkano - Hatta, Pekanbaru. Dalam aksi ini, HMI MPO menyampaikan dua tuntutan yaitu pertama, pemerintah Indonesia harus mendesak Dewan Keamanan PBB agar menekan Israel menghentikan agresi militer serta menjatuhkan sanksi tegas terhadap Israel. Kedua, Indonesia harus bersikap tegas atas agresi militer israel dan membantu Palestina secara moril dan materil.

Suatu bentuk kepedulian HMI MPO juga menggalang dana serentak seluruh cabang HMI MPO se-Indonesia, dana tersebut yang nantinya akan diserahkan kepada pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam Majlis penyelamat( PB HMI MPO) .

Direncanakan aksi solidaritas ini akan digelar selama dua hari. Untuk hari ini, Jumat (11/7) terkumpul dana sebesar Rp 1.628.000, dan aksi akan kembali dilanjutkan besok, Sabtu (12/7). (rls)