PEKANBARU - 20 titik panas atau hotspot terdeteksi di Pulau Sumatera, pada Kamis (19/3/2020) pukul 07.00 WIB.

"Dari jumlah hotspot itu, paling banyak di Provinsi Riau yaitu 15 titik panas. Sedangkan Sumatera Selatan empat titik, dan Sumatera Utara satu titik," kata Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru, Yasir Prayuna di Pekanbaru, Kamis pagi.

Yang mana, 15 titik panas di Riau yang berada di atas level confidence 50 persen ini, tersebar di Kabupaten Kepulauan Meranti enam titik panas, Kota Dumai lima titik panas, Kabupaten Pelalawan dua titik panas, serta Siak dan Indragiri Hilir (Inhil) masing-masing satu titik panas.

Jika diklasifikasikan lagi, kata Yasir, jumlah titik yang berada di atas level 70 persen atau diduga sebagai titik api ada sebanyak lima titik api, yaitu berada di Kepulauan Meranti dan Dumai masing-masing dua titik api, serta Pelalawan satu titik api.

"Lima titik apinya berada di level confidence antara 71-100 persen," ujarnya.

Sedangkan, prakiraan cuaca pagi ini cerah berawan dengan potensi hujan ringan hingga sedang yang dapat disertai petir terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kampar, Pelalawan, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu dan Indragiri Hilir.

"Lalu, siang hingga sore harinya berpotensi hujan ringan hingga sedang terjadi di sebagian wilayah Kampar, Rokan Hulu dan Kuantan Singingi," ujarnya. ***