PEKANBARU - Untuk pecinta kopi, belum lengkap rasanya jika belum berkunjung ke One Refinery, karena cafe ini menghadirkan rasa kopi yang tak biasa.

Cafe yang berdiri sejak satu tahun yang lalu ini terletak di Jalan Delima nomor 6 Kecamatan Tampan, Pekanbaru. Walaupun buka pada pukul 15.00 sampai 00.00 WIB, namun cafe One Refinery tidak pernah sepi pengunjung.

Saat mememasuki area ini kita tidak perlu khawatir karena di cafe ini memiliki area parkir yang cukup luas. Di dalam cafe ini terdapat beberapa ruangan yang bisa dipilih oleh pengenjung yaitu area outdoor dan indoor.

Pada area outdoor pengunjung bisa melihan garden theme, dengan beberapa pohon dan didukung dengan warna cat hijau pada kursi dan lantai yang senada sehingga membuat cafe ini menjadi tempat yang nyaman bagi siapa saja yang datang. Posisi outdoor ini tepat berada di depan ruang meja bar dan berbatas jendela transparan, sehingga baik pengunjung yang di luar maupun yang didalam bar bisa terlihat.

Sedangkan saat memasuki area indoor pengunjung akan di manjakan dengan tampilan kursi dan beberapa meja. Namun yang menarik perhatian adalah sebuah meja panjang dengan kursi dan meja dari satu potongan batang pohon sebagai atasnya dan besi sebagai penyangganya.

Tidak hanya itu, di area indor ini pengunjung juga dimanjakan dengan beberapa pajangan berupa alat mesin yang biasa dalam industrial yang menambah kesan industrial pada area ini.

Selain tempat yang nyaman di tempat ini juga memfasilitasi pengunjung dengab free wifi, mushola, serta ruang rapat VVIP. Untuk yang ingin mengadakan acara seperti rapat, arisan maupun ruang diskusi One Refinery juga menyediakan ruang rapat dengan kapasitas yang cukup besar.

Dengan tempat yang nyaman One Refinery ini juga memiliki ciri khas yang terletak dari menu kopinya. Karena kopi yang disedukan kepada pengunjung merupakan hasil dari perkebunan sendiri dimulai dari pemetikan biji kopi, penjemuran, sangrai, sampai menggiling biji kopi dilakukan secara langsung di cafe ini.

"Untuk biji kopi sendiri kami langsung dari kebun sendiri, dan proses penjemuran kopi pun kami jemur di lantai 3 gedung ini," kata pemilik cafe Irwan, Jumat (09/11/2018).

Jika pengunjung duduk di meja bar One Refinery ini, maka pengunjung dapat melihat beberapa toples yang berisi kopi tersusun rapi, serta alat-alat yang digunakan dalam proses pembuatan kopi.

Adapun moto dari One refinery cafe ini adalah "bercerita sambil ngopi" karna menurut Irwan ia mengatakan bahwa dari secangkir kopi kita bisa ngobrol dengan orang dan bercerita tentang banyak hal.

Untuk menu utama sendiri pengunjung bisa memilih beberapa jenis kopi yang diinginkan. Namun, bagi kamu yang belum pernah ke cafe ini ada baiknya mencoba salah satu menu favorit yaitu single origin dengan beberapa jenis kopi seperti kopi gayo, liberica, arabica gunung salak dan japanese cold drip.

Namun, yang menarik dari semua jenis kopi yang di tawarkan ada dua jenis kopi yaitu liberica dan arabica karna kopi ini adalah hasil dari perkebunan sendiri.

Selain jenis kopi diatas di tempat ini juga menyediakan jenis kopi mulai dari espresso, cappucino, vietnam drip, kopi susu Aceh, black coffee dan masih banyak lagi.

Harga yang ditawarkan untuk jenis kopi ini pun cukup beragam yaitu Rp 12.000 sampai Rp 22.000.

Selain menyajikan minuman kopi disini juga menyajikan makanan dan minuman layaknya cafe pada umumnya sedangkan untuk makanan sendiri disini juga menyajikan memiliki makanan favorit yaitu mie organik. Karna mie organik merupakan dari hasil buatan sendiri dengan bahan dasar mie yaitu sawi. ***