SELATPANJANG - Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadisdikbud) Kabupaten Kepulauan Meranti Drs H Nuriman Khair, mengingatkan bahwa seorang guru dituntut menguasai metode mengajar terhadap anak didiknya. Hal ini penting diperhatikan, agar para murid nantinya dapat menangkap sekaligus memahami apa yang diajarkan gurunya tersebut.

Hal itu diungkapkan Nuriman, saat melakukan kunjungan kerja (kunker) ke SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Barat di Desa Maini Darul Aman, Rabu (11/9/2019).

Dalam kunjungannya, Nuriman melihat langsung kondisi fasilitas sekolah dan kegiatan belajar mengajar di SMP 3 Tebingtinggi Barat. Ia didampingi Kasi Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Nurhayanto, dan Kepala SMP Negeri 4 Tebing Tinggi, Syafi'i.

"Guru perlu terus mengevaluasi metode mengajar yang diterapkan di kelas. Siapkan diri sebelum pembelajaran, dan Kepala Sekolah juga harus mengontrol," ungkapnya.

Karenanya, Nuriman mendorong agar para guru rutin meningkatkan kompetensinya. Tidak hanya dalam bentuk mengikuti pelatihan, aktivitas belajar dari berbagai sumber juga menurutnya, merupakan upaya peningkatan kompetensi.

"Terlebih menghadapi era industry 4.0, pendidikan di bidang agama harus diunggulkan. Anak diajarkan sikap, prilaku dan akhlak yang baik," bebernya.

Sementara itu, Kepala SMP Negeri 3 Tebing Tinggi Barat, M. Khusni SAg, MPd menjelaskan, di sekolah tersebut terdapat 85 orang siswa yang dibagi dalam 4 lokal. Dua lokal untuk kelas VII, satu lokal kelas VIII dan satu lokal kelas IX.

"Untuk guru kita ada 16 orang, termasuk kepala sekolah. Delapan diantaranya honor, lima honor daerah dan tiga TU," ungkapnya.***