BANGKINANG - Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Nuraini Asiz menghimbau kepada seluruh kaum ibu untuk dapat meningkatkan kualitas dan potensi kaum perempuan sebagai penunjang ekonomi keluarga, disamping sebagai ibu rumah tangga juga dapat memberikan sumbangan dalam peningkatan ekonomi keluarga.

Demikian disampaikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Kampar Hj Nur'aini saat membuka pelatihan keterampilan membuat aneka kue dan pelatihan keterampilan menjahit mukenah dan sulam pita yang di laksanakan di Stanum Bangkinang Kota pada, Senin (13 /11/2017).

Ditambahkan Ketua TP PKK Kabupaten Kampar berdasarkan pengalaman yang pernah saya ikuti pelatihan ini memang harus di jalani dengan sungguh-sungguh karena dengan adanya sumber daya manusia yang bagus kita bisa melakukan usaha yang dapat menghasilkan uang yang kemudian dengan sendirinya akan meningkatkan ekonomi keluarga.

Lebih lanjut Nur'aini mengatakan bahwa banyak tantangan yang dihadapi oleh kaum perempuan, terutama masalah ekonomi dan kemiskinan karena pendidikan dan sumber daya perempuan sangat rendah, ia berharap dengan kegiatan dapat meningkatkan kemampuan dan dapat dikembangkan di kecamatan masing-masing.

Pembukaan pelatihan Ketrampilan perempuan kepala rumah tangga (peka) tahun 2017 Ditandai dengan pengalungan tanda peserta yang diikuti oleh sebanyak 42 orang dari Kecamatan Se Kabupaten Kampar tersebut.

Nuraini juga menyampaikan apresiasi Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten kampar yang telah menaja pelatihan Ketrampilan perempuan kepala rumah tangga dengan kegiatan ketrampilan membuat aneka kue dan pelatihan Menjahit mukenah dan sulam pita ini. Sementara itu Kepala Dinas Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Kabupaten kampar Edy Afrizal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita jangan berfikir seperti pepatah lama yang mana perempuan hanya mengurus sumur, kasur dan dapur, namun kita berharap bagaimana meningkatkan SDM perempuan dalam pengelolahan hidup rumah tangga maupun peningkatan ekonomi keluarga.

Lamanya pelatihan kepala rumah tangga 5 lima hari dari tanggal 13 s/d 17 November 2017 dan Pelatihan mukenah dan sulam selama 25 hari dari tanggal 13 november sampai tanggal 7 Desember 2017 bertempat di taman rekreasi stanum Bangkinang. ***