SEOUL - Pada Kamis (9/4/2020), tak ada kasus baru Covid-19 di Daegu, Korea Selatan (Korsel). Secara nasional di Korsel, terjadi penurunan kasus baru di bawah 30 orang.

Dikutip dari liputan6.com yang melansir kantor berita Yonhap, Jumat (10/4/2020), pada Kamis kemarin ada 27 kasus baru, turun dari sehari sebelumnya yakni 39 kasus. Totalnya di Korsel kini ada 10.450 kasus.

Selama pekan ini, kasus virus corona di Korsel hanya bertambah 50 orang per hari atau bahkan kurang. Angka itu adalah penurunan tajam dibanding pada akhir Februari lalu.

Wakil Menteri Kesehatan Kim Ganglip mengungkap, penurunan kasus ini berkat social distancing atau jaga jarak dalam tiga minggu terakhir, terutama di Daegu. Kasus di Daegu adalah yang tertinggi di Korsel akibat klaster gereja.

Meski demikian, Ganglip meminta masyarakat jangan lengah karena khawatir ada lonjakan kasus lagi. Ia pun meminta social distancing diperpanjang hingga usai perayaan Hari Paskah.

Jumlah kematian di Korsel juga lebih sedikit ketimbang di Indonesia. Kematian di Korsel akibat Virus Corona adalah 208 kasus dan 7.117 orang berhasil pulih. Kasus tertinggi di Korsel berada di Daegu dan Provinsi Gyeongsang Utara dengan masing-masing 6.807 dan 1.327 kasus.

Gelombang baru virus corona di Korsel kini berasal dari luar negeri. Totalnya kini ada 869 kasus impor.

Korsel telah mengetes lebih dari setengah juta orang demi mendeteksi Virus Corona. Aturan social distancing di Korsel rencananya berlangsung hingga 19 April..***