PEKANBARU - Kapolda Riau, Irjen Pol Mohammad Iqbal, dan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memberikan kejutan kepada Aiptu Mustakim, di Jalan Benteng Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat, Senin (12/12/2022).

Kejutan diberikan saat personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesuai ini, sedang mengajar di TPQ Zaidatul Mukaromah.

Kapolda Riau sengaja mengajak Gubri ke lokasi tempat Mustakim mengajar usai menghadiri rapat koordinasi Tim Pembina Samsat Riau Tahun 2022.

Keduanya sengaja mendatangi Aiptu Mustakim, karena punya dedikasi luar biasa sebagai personel polisi. Setiap hari setelah bertugas, Mustakim langsung mengajar di TPQ Zaidatul Mukaromah, yang beralamat di Jalan Benteng Kelurahan Pangkalan Sesai Kecamatan Dumai Barat.

Sebagai bentuk apresiasi atas apa yang dilakukan anggotanya itu, Irjen Iqbal dan Gubri menghampiri langsung Aiptu Mustakim saat sedang mengajar.

Selain Kapolda dan Gubri, turut mendampingi keduanya Walikota Dumai H. Paisal, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto, Dandim 0320/Dumai Letkol (Arh) Hermansyah Tarigan, S.E, dan lain-lain.

Sontak kehadiran Irjen Iqbal dan Gubri serta rombongan, membuat Aiptu Mustakim kaget, sekaligus senang. Karena tak menyangka, ia didatangi pimpinan Korps Bhayangkara Lancang Kuning itu bertandang langsung ke tempat dia mengajar.

Sebelum memberikan penghargaan Irjen Iqbal, Gubri beserta rombongan menyaksikan Aiptu Mustakim mengajar di dalam kelas.

Iqbal mengaku merasa bangga atas dedikasi serta ketulusan Aiptu Mustakim. Melihat sosok Aiptu Mustakim, Gubernur Riau langsung memberikan cindramata berupa kain sarung dan uang santunan.

Disusul Kapolda Riau, memberikan apresiasi dalam bentuk hadiah berupa smartphone dan uang santunan.

Selain memberi bantuan kepada Mustakim, Gubri juga memberikan bantuan uang santunan termasuk kain sarung untuk pembuatan seragam peserta didik, para guru dan pengurus TPQ Zaidatul Mukaromah.

"Kejutan dan cinderamata yang diberikan untuk Aiptu Mustakim merupakan salah satu bentuk apresiasi Kapolda Riau dan Pak Gubernur atas dedikasinya yang telah dengan tulus dan ikhlas membantu proses belajar mengajar di TPQ Zaidatul Mukaromah," kata Kapolda Riau Irjen Iqbal.

Setelah menerima penghargaan, Aiptu Mustakim mengaku terkejut dan bahagia saat menerima kunjungan langsung dari Kapolda Riau dan Gubernur Riau beserta rombongan.

"Saya sangat terkejut atas kedatangan Kapolda Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, didampingi Gubernur Riau Bapak Syamsuar beserta rombongan ditengah aktifitas saya mengajar di TPQ Zaidatul Mukaromah. Saya sangat bersyukur dan berterimakasih atas apresiasi dan cindramata dari Kapolda Riau serta Gubernur Riau," ucapnya.

Mustakim mengatakan, penghargaan yang diberikan akan saya jadikan pendorong semangat, untuk bisa mengabdikan dan mendedikasikan diri bagi masyarakat Kota Dumai khususnya Kelurahan Pangkalan Sesai.

Terpisah, Ketua Yayasan TPQ Zaidatul Mukaromah Hj. Sulastri, menyampaikan ungkapan terima kasih kepada personel Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesai, Aiptu Mustakim yang telah ikut mengajar anak didik TPQ Zaidatul Mukaromah.

"Terima kasih atas dedikasi Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangkalan Sesai Aiptu Mustakim yang telah memberikan pengajaran dan ilmu yang bermanfaat kepada anak didik kami di TPQ Zaidatul Mukaromah," sebutnya.

Apresiasi datang pula dari Lurah Pangkalan Sesai, Musdalena. Ia mengaku sangat berterima kasih dan mengapresiasi perbuatan mulia Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangakalan Sesai tersebut, dalam mendedikasikan diri sebagai tenaga pengajar di TPQ Zaidarul Mukaromah.

"Terima kasih atas perbuatan mulia Bhabinkamtibmas Kelurahan Pangakalan Sesai yang telah mendedikasikan diri sebagai tenaga pengajar di TPQ Zaidarul Mukaromah, semoga perbuatan mulia Aiptu Mustakim menjadi ladang amal dan pahala," papar Musdalena. ***