PEKANBARU – Suhardiman Amby dilantik sebagai Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Riau sisa masa jabatan 2021-2026. Ia dilantik oleh Gubernur Riau, Syamsuar pada Jumat (14/7/2023) di Pekanbaru.

Pelantikan ini disaksikan tokoh-tokoh penting di Riau. Mulai dari Wakil Gubernur Riau, Edy Natar Nasution hingga Forkopimda Riau dan Kuansing.

Dalam kesempan ini, Syamsuar menyatakan pengangkatan Suhardiman Amby sebagai Bupati Kuansing sesuai dengan keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) tentang pemberhentian dan pengangkatan Bupati Kuansing.

GoRiau Gubernur Riau melantik Suhardi
Gubernur Riau melantik Suhardiman Amby sebagai Bupati Kuansing. (foto: kominfoss)

"Banyak hal yang patut diperhatikan oleh Pemkab Kuansing, terutama penyerapan APBD 2023," ujar Syamsuar saat memberikan arahan.

Menurut Syamsuar, ada tugas besar yang harus dituntaskan oleh Suhardiman Amby, yakni berkaitan dengan pemilihan umum, persoalan stunting, pengurangan angka kemiskinan ekstrim, inflasi yang tinggi, sengketa lahan hingga kebakaran hutan dan lahan.

GoRiau Suhardiman Amby membacakan pak
Suhardiman Amby membacakan pakta integritas saat dilantik sebagai Bupati Kuansing. (foto: kominfoss)

"Dalam pelaksanaan tugas ini, diperlukan kerja sama dengan semua pihak, mulai dari DPRD, Forkopimda, pemuka adat dan pihak lain, agar pelaksaan pembangunan berjalan dengan baik, sebagaimana harapan rakyat," ujar Suhardiman.

Selain itu, Kuansing juga punya agenda pariwisata nasional, yakni festival pacu jalur. Menurut Syamsuar, festival pacu jalur merupakan budaya terbaik di Indonesia yang mampu menarik perhatian wisatawan manca negara.

GoRiau Syamsuar melantik Suhardiman s
Syamsuar melantik Suhardiman sebagai Bupati Kuansing. (foto: kominfoss)

"Pemkab Kuansing harus cekatan, sebab dalam waktu singkat harus bisa melaksanakan pembangunan kemajuan masyarakat. Partisipasi masyarakat sangat diperlukan dalam pembangunan. Pembangunan akan berhasil apabila mendapat dukungan dari masyarakat," terang Syamsuar.

Syamsuar mendoakan pembangunan Kuansing semakin baik, mampu mewujudkan masyarakat Kuansing yang unggul dan sejahtera.

GoRiau Syamsuar memberikan ucapan sel
Syamsuar memberikan ucapan selamat ke Suhardiman. (foto: kominfoss)

Sementara itu, Suhardiman Amby menyatakan apa yang menjadi arahan dari Gubernur Riau menjadi catatan penting untuk kemajuan Kuansing ke depan.

"Ini batu loncatan untuk melaksanakan pembangunan Kuansing sebagaimana visi misi yang telah ditetapkan," ujar Suhardiman.

Ia pun siap bekerja sama dengan semua pihak dalam mensukseskan program pembangunan yang sudah menjadi agenda pemerintah daerah hingga agenda nasional.(adv)