JAKARTA - Miris. Tim nasional Indonesia dipecundangi Thailand dengan skor 2-4 dalam laga lanjutan penyisihan Grup B Piala AFF 2018 di Stadion Rajamangala Bangkok, Thailand, Sabtu, 17 November 2018.

Hasil itu bukan saja membuat peluang tim besutan Bima Sakti kian berat untuk melangkah ke babak kedua Piala AFF, tetapi juga membuat Garuda tak pernah menang dalam empat kali lawatan ke kandang Thailand di ajang Piala AFF tersebut.

Kini, Indonesia berada di urutan keempat klasemen dengan koleksi tiga poin saja dari tiga pertandingan yang sudah dijalani. Sebelumnya timnas kalah dari Singapura 0-1 dan menang dari Timor Leste dengan skor 3-1.

Adapun Thailand semakin kokoh di puncak klasemen sementara Grup B Piala AFF 2018. Adisak Kraisorn dan kawan sudah mengumpulkan enam poin dari hasil dua kemenangan.

Di laga ini, Tim Garuda tampil apik di awal babak pertama, bahkan mampu mengungguli Thailand lewat gol Zulfiandi pada menit ke-29. Namun, mereka mulai kehilangan kendali setelah tuan rumah menyamakan kedudukan lewat Korrakot Wiriya pada menit ke-38.Thailan membalikkan keadaan menjadi 2-1 melalui Pansa Hemviboom pada pengujung babak pertama.

Memasuki babak kedua, timnas Garuda mencoba bangkit. Masuknya Febri Hariyadi menggantikan Andik Vermansah yang mengalami cedera ternyata belum mampu mendongkrak performa timnas besutan Bima Sakti ini.

Justru tuan rumah yang lebih leluasa memegang peran. Anak asuh Milovan Rajevac ini banyak melakukan tekanan. Beruntung barisan pertahanan timnas yang kawal Hasamu Yama tampil konsisten, menunda gol yang masuk ke gawang tim tamu.

Indonesia bukan berarti tidak bisa menekan. Riko Simanjuntak beberapa kali merepotkan pertahanan Thailand. Namun, sang lawan lebih trengginas. Akhirnya pemain yang diwaspadai yaitu Adisak Kraisorn mampu mencatatkan namanya di papan skor setelah membuat gol pada menit 65 dan membuat kedudukan menjadi 3-1 untuk tuan rumah.

Unggul jauh membuat pemain Thailand bermain dengan lepas dan membuat pertahanan Indonesia semakin kehilangan arah. Hasilnya pemain pengganti Pokklaw A-Nan mampu menambah keunggulan tuan rumah menjadi 4-1 pada menit 74. Gol tercipta melalui tendangan indah setelah sebelumnya memperdayai pemain Indonesia.

Menjelang akhir pertandingan timnas yang mendapatkan suntikan pemain pemain yaitu Dedik yang menggantikan Alberto Goncalves membuat daya serang meningkat. Hasilnya, Fachruddin Aryanto mampu memperkecil ketertinggalan menjadi 2-4 pada menit 89.

Di sisa waktu Indonesia kembali menekan yang salah satunya lewat Evan Dimas. Hanya saja tendangannya mampu ditepis penjaga gawang Thailand. Akhirnya timnas benar-benar harus mengakui keunggulan Thailand dengan skor 2-4.

Saat ini, Indonesia tinggal menyisakan satu pertandingan yaitu melawan Filipina, yang di laga tengah unggul tiga gol atas Timor Leste.

Susunan pemain :

Indonesia (4-3-3): 12 Awan Setho (pg); 2-I Putu Gede, 23-Hansamu Yama (k), 16-Fachrudin Aryanto, 3-Alfath Fathier ; 4-Zulfiandi/Bayu Pradana, 10-Stefano Lilipaly, 6-Evan Dimas; 25-Riko Simanjuntak, 9-Alberto Goncalves/Dedik, 21-Andik Vermansah/Febri HariyadiPelatih: Bima Sakti

Thailand (4-2-3-1): 23-Sivarak Tedsungnoen (pg) ; 13-Philip Roller, 6-Pansa Hemviboom, 4-Chalermpong Kerdkaew (k), 24-Korrakot Wiriya-Udomsiri; 17-Tanaboon Kesarat, 8-Thitipan Puangchan; 11-Mongkol Tossakrai/Pokklaw A-Nan, 29-Sanrawat Dechmitr, 14-Nurul Sriyankem/22-Supachai ; 9-Adisak Kraisorn.Pelatih : Milovan Rajevac. ***