JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali terus menunjukkan komitmen dalam mendukung pelaksanaan event olahraga yang bertujuan meningkatkan prestasi. Makanya, politisi Golkar ini memimpin rapat koordinasi (Rakor) membahas tentang penyelenggaraan event olahraga dalam masa pandemi covid-19.

Pada rapat kali ini, ada empat induk cabang olahraga antara lain Squash, Panjat Tebing, Triathlon dan Perbasi. Hadir langsung mengikuti rakor yaitu Ketum PB Persatuan Squash Indonesia, Sylviana Murni, Pengurus Pusat Federasi Triathlon Indonesia (PP FTI), Ketua Umum Pengurus Pusat (PP) Perbasi saat ini adalah Danny Kosasih.

Hadir pula, Wasekjen Pengurus Pusat Federasi Panjat Tebing Indonesia (PP FPTI), Arlan Lukman, Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI), Direktur IBL, Junas Miradiarsyah, perwakilan Kemenkes, Satgas Covid-19, BNPB dan Polri.

“Hari ini kita akan membahas persiapan kegiatan yang akan dilakukan oleh Perbasi dan IBL, kemudian, Squash, Triathlon dan tentu PBSI,” ujar Menpora Amali saat memulai rapat.

Menurut Menpora Amali, karena masih dalam situasi pandemi covid-19, maka pelaksanaan harus benar-benar memperhatikan penerapan protokol kesehatan yang ketat dan disiplin.

“Sekarang kita masih di tengah-tengah pandemi covid-19. Tetapi kita tidak boleh berdiam diri, kegiatan olahraga harus sudah kita lakukan. Tetapi, upaya-upaya pemerintah untuk melakukan penanganan covid-19 juga harus mendapatkan dukungan dari seluruh masyarakat. Dan itu termasuk kita yang ada di sektor olahraga,” pungkasnya.

Pada rapat kali ini, keempat cabvang olahraga menyampaikan presentasi terkait rencana event olahraga yang akan digelar dalam waktu dekat.
“Tentu apa yang dipresentasikan oleh masing-masing cabang olahraga ini akan menjadi bahan pertimbangan buat Mabes Polri yang punya kewenangan untuk memberikan izin keramaian suatu kegiatan,” jelasnya.

Menpora Amali memastikan bahwa semua cabang olahraga mendapat perlakuan yang sama dan akan diberikan rekomendasi untuk memulai kompetisi seperti sepakbola yang sudah bergulir saat ini yaitu Kompetisi Liga 1 dan Liga 2.

“Jadi kita perlelakuannya sama, kegiatan silakan berlangsung. Tetapi penerapan protokol kesehatan akan diterapkan secara disiplin dan akan ada pengecekan,” ungkapnya.

Empat cabang olahraga tersebut akan rencananya dalam waktu dekat akan menyelenggarakan kegiatan masing-masing. Untuk Squash, rencananya akan menggelar kegiatan Kejuaraan Nasional, Panjat Tebing juga melakukan kegiatan Kejuaraan Nasional.

Sementara itu, Perbasi rencananya akan melakukan kegiatan turnamen IBL dan turnamen Liga Mahasiswa. PBSI sendiri rencanannya akan menggelar 4 kegiatan sekaligus antara lain, Indonesia Masters, Indonesia Open, BWF Wolrd Cup Final, dan Indonesia Internasional Challenge. ***