JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mendukung sepenuhnya keinginan Pengurus  Besar Persatuan Catur Seluruh Indonesia (PB.Percasi)untuk memperjuangkan cabang olahraga catur agar dipertandingkan pada SEA Games Filipina 2019.

"Kemenpora mendukung dan akan mendorong agar catur dipertandingkan pada SEA Games Filipina 2019. Kami percayakan kepada PB Percasi melakukan lobi terhadap negara peserta," kata Menpora Imam Nahrawi pada acara Festival  Catur ke-11 Japfa dan WGM Duel Match 2018, di Wisma Karsa Kemenpora Senayan, Jakarta, Selasa, 13 November 2018.

Sebelumnya, Ketua Umum PB Percasi, GM Utut Adianto mengatakan, pihaknya akan melakukan lobi agar catur kembali dipertandingkan dalam SEA Games Filipina 2019 mendatang. Terakhir, catur dipertandingkan pada SEA Games Myanmar 2013. 

Untuk bisa dipertandingkan pada SEA Games Filipina 2019, kata Utut, tidak cukup hanya dukungan tuan rumah saja. Namun,  ada persyaratan lain yakni minimal mendapat dukungan dari lima negara peserta pesta olahraga dua tahunan negara-negara Asia Tenggara. "Saat ini, sudah empat negara yang mendukung yakni, tuan rumah Filipina, Indonesia, Vietnam, dan Myanmar. Kami, masih akan mencoba melobi satu negara agar memenuhi persyaratan," jelas Wakil Ketua DPR-RI dari Fraksi PDI-Perjuangan.

"Federasi catur Timor Leste sih sudah memberikan dukungan, tetapi itu saja tidak cukup. Kita butuh dukungan Komite Olimpiade Timor Leste (NOC Timor Leste). Makanya, saya akan melakukan kunjungan ke Timor Leste," tambahnya.