PEKANBARU - Untuk yang bosan dengan interior kafe yang biasa-biasa saja, mungkin  Pinus cafe di jalan Paus Ujung No. 155 Pekanbaru bisa menjadi salah satu alternatif. Cafe ini buka dari pukul 09.00 sampai 24.00 WIB.

Kafe yang buka minggu lalu ini,  mampu membuat siapa pun yang berkunjung disini merasa nyaman. Karna cafe ini mengusung tema dengan desain klasik pada interiornya. 

Dari segi tempat parkir cafe ini memiliki tempat parkir yang cukup luas, jadi jika kamu ingin berkunjung ke Pinus ini kamu tidak perlu khawatir kehabisan lahan parkir. Selain tempat parkir yang luas, cafe ini memiliki 2 lantai pada bangunannya. Warna  desain yang dipilih pun cukup clasik yaitu lebih dominan warna coklat.

Jika dilihat dari depan area cafe, pengunjung bisa melihat meja bar serta beberapa kursi tempat duduk di teras cafe. Pemilihan kursi di teras kafe ini pun cukup unik,  dengan meja bundar dan 4 kursi tempat duduk berbentuk sangkar yang terbuat dari kayu pinus.

Menurut pemilik cafe, nama Pinus ini terinspirasi dari agenda workshop yang sering dilakukan serta semua furniture yang ada di cafe ini terbuat dari kayu pohon pinus. 

"Untuk interior cafe ini semuanya dari bahan pinus,  bisa dilihat sendiri, karna kayu pinus memiliki motif yang bagus," ungkap pemilik cafe, Bobi. 

Memasuki area cafe pengunjung akan di buat tertarik oleh tiang cafe berbentuk kayu balok dengan lilitan tali tambang pada ruas tiang.

Selain itu, di cafe ini juga terdapat beberapa tempat duduk yang bisa di pilih oleh pengunjung. Namun tempat duduk yang unik di cafe ini adalah meja desain berbentuk bundar seperti gentong air. Selain unik,  tempat ini tidak akan pernah membuat pengunjungnya merasa jenuh, karena disini setiap dinding dihiasi dengan wallpaper yang berbeda ditiap sisinya.

Seperti di sebelah kanan cafe terdapat lukisan mural tangan dengan menuangkan air dari teko. Serta beberapa figura foto-foto legend seperti Bon Jovi,  Benyamin, serta foto monas pada zaman dulunya, serta beberapa poster dan lukisan menghiasi interior pada dinding di cafe ini. 

Selain menyajikan desain yang menarik pada tiap sisinya, tempat ini juga instagramable bagi kamu mencari spot foto yang bagus. Tidak hanya tempat yang nyaman dan desain yang unik, cafe ini juga menyediakan beberapa fasilitas yaitu live musik yang ada setiap harinya, mushola, nobar dan ruang meeting grup di lantai dua. 

Untuk live musik, nobar dan mushola sendiri di cafe ini berada di lantai satu. Fasilitas yang menarik dari cafe ini adalah layar yang ditampilkan, biasanya layar untuk nobar terbuat dari kain. Namun di kafe ini layar sengaja di terbuat dari kayu jati itu sendiri, dengan beberapa kayu jati yang dibakar sebagai hiasan diatas layar sehingga menambah kesan klasik pada cafe ini. 

Selain tempat yang nyaman, di tempat ini juga menyediakan beberapa makanan dan minuman. Untuk minuman di cafe ini terdapat beberapa varian menu yaitu mulai dari coffee seperti luwak original, Aceh gayo, Arabica airlees dan solok pak rajo. 

Untuk minuman coffee sendiri pengunjung bisa memilih metode coffee yang digunakan dalam proses penyeduhan mulai dari siphon pot, moka pot,  aeropress dan V 60. 

Selain minuman coffee di cafe ini juga menyediakan beberapa minuman lain seperti milkshake, mocktail, aneka jus dan beberapa minuman lain seperti eskrim cincau dan teh tarik. Untuk harga yang di tawarkan pun cukup terjangkau mulai dari Rp5.000 sampai Rp50.000.

Selain minuman di tempat ini juga menyediakan menu makanan, untuk makanan sendiri terbagi dari beberapa menu yaitu menu utama untuk makanan yang berat seperti ayam goreng nasi pinus, nila asam manasi, cumi goreng tepung. Selain makanan berat di cafe ini juga menyediakan aneka sup, spaghetti, aneka olahan mie, dan beragam jenis snack.

Untuk yang penasaran dengan cita rasa makanan disini, ada baiknya mencoba menu favorit disini yaitu ayam goreng pinus, sup ayam dan indomie kuah kari susu. 

Harga yang di tawarkan di Pinus cafe ini pun cukup terjangkau  yaitu mulai dari harga Rp15.000 sampai Rp35.000

Selain harga menu makanan yang terjangkau di cafe ini juga memberikan promosi potongan harga 10 persen pada setiap varian menu baik makanan maupun minuman. 

"Untuk bulan november ini kami memberikan potongan harga sebesar 10 persen, selain itu untuk pembelanjaan di atas Rp200.000, kami akan memberikan souvenir berupa tempat tissu yang  terbuat dari pohon pinus," ungkap Bobi. ***